Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Soal Sumatif Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Kelas 1 Kurikulum Merdeka - Jenis penilaian yang ada pada kurikulum merdeka salah satunya yaitu penilaian sumatif. Sebagaimana kita ketahui mengenai jenis penilaian atau asesmen kurikulum merdeka ada 3 macam, yaitu Asesmen Diagnostik, Asesmen Formatif, dan Asesmen Sumatif. 

Asesmen atau penilaian sumatif ini memiliki tujuan untuk mencapai tujuan belajar melalui CP atau capaian pembelajaran. Penilaian ini juga menjadi dasar tentang penentuan kenaikan kelas bagi siswa. 

Guru dapat melakukan penilaian sumatif setelah berakhirnya kegiatan belajar mengajar. Dapat juga ketika akhir semester atau jenjang waktu tertentu. Apabila masih perlu untuk mengetahui informasi tambahan mengenai pencapaian siswa, maka guru dapat melakukan asesmen sumatif di akhir pembelajaran tersebut. 

Saat guru melakukan penilaian sumatif, guru tidak harus memberikan bentuk penilaian berupa tes atau soal soal yang harus siswa kerjakan. Melainkan menggunakan instrumen lainnya baik berupa praktik, produk, projek, hingga membuat sebuah portofolio. 

Tujuan atau umpan balik yang akan ada yaitu berfungsi untuk mengukur perkembangan siswa terhadap materi yang telah mereka pelajari. Tidak hanya itu, guru juga dapat menentukan daya serap hingga kesiapan materi yang akan siswa terima setelah materi yang lain. 

Sebenarnya pada kurikulum merdeka ini, guru lebih baik menekankan penilaian secara formatif. Sebab, penilaian formatif lebih mengarah pada umpan balik siswa. Namun penilaian atau asesmen sumatif juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran. 

Berikut contoh soal sumatif kelas 4 kurikulum merdeka yang dapat anda download. 

Soal Sumatif PAIdB Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Uraian di atas dapat anda jadikan refrensi bagi kegiatan belajar di sekolah maupun untuk bahan belajar anak anak di rumah. 

Simak berbagai perangkat mengajar lainnja pada link berikut 

Modul Ajar Kelas 1 Kurikulum Merdeka Full

Modul Ajar Kelas 4 Kurikulum Merdeka Full

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Download Soal Sumatif Kelas 4 Kurikulum Merdeka"