Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar di Rumah Bersama Orang Tua

cara belajar di rumah

Cara belajar di rumah bagi setiap anak tentu berbeda, tak terkecuali bagi anak SD pada umumnya. Belajar di rumah tentunya sebagai penyeimbang belajar di sekolah. Bagaimana tidak, dengan belajar di rumah anak semakin matang dalam memahami apa yang telah mereka pelajari di sekolah. 

Belajar di rumah tidak hanya ketika mendapatkan PR saja. Melainkan setiap hari meski mempelajari sesuatu yang sama.Sehingga penguasaan materi yang anak lakukan dapat berjalan sesuai dengan rencana. 

Cara Belajar di Rumah Bersama Orang Tua

Mengetahui Tujuan Belajar

Cara belajar di rumah yang pertama ialah dengan mengetahui tujuan belajar. Adapun tujuan belajar sesuai dengan tujuan yang telah anak-anak pelajari di sekolah. Saat di rumah, sebagai orang tua anda wajib mengingatkan anak apakah ada tugas rumah atau tidak. Harapannya ialah agar anak mampu mengingat, apa yang terakhir ia pelajari di sekolah. 

Apabila tidak ada tugas atau PR, maka anda sebagai orang tua dapar memberi gambaran kepada anak mengenai apa yang akan ia pelajari besok. Cara belajar di rumah dengan mengetahui tujuan belajar terlebih dahulu sangat efisien untuk anda terapkan. 

Menguasai Teknologi

Saat ini ilmu pengetahuan juga tidak berbatas dengan teknologi. Artinya anda dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk menjadi sarana dan juga sumber belajar. Inilah pentingnya bagi orang tua agar menguasai teknologi dengan baik, meski hanya sebuah gadget. 

Bila jaman dahulu buku menjadi satu-satunya sumber belajar yang relevan, maka saat ini ada internet yang menjadi sumber belajar yang luas. Dari internet inilah nanti anda dapat dengan mudah menguasai materi di sekolah. 

Mengajarkan ilmu

Selanjutnya mengenai cara belajar di rumah bersama orang tua yaitu dengan mengajarkan ilmu. Sering kali dengan kondisi yang payah orang tua jarang mengajarkan anak untuk menyelesaikan soal sebagaimana mestinya. Banyak orang tua yang mengajarkan mereka secara instan, tanpa mengajarkan cara menemukan jawabannya. 

Baca Juga : Orang tua Hebat Orang Tua Terlibat

Gunakan Metode yang Tepat

Belajar di rumah sebenarnya tidak perlu terlalu formal. Perlu pendekatan yang memang sesuai dengan karakter anak. Pendekatan inilah nantinya yang akan membuat anak nyaman saat belajar. 

Tidak semua anak memiliki cara belajar yang sama. Mengapa demikian? hal ini karena tingkat kemampuan dan cara belajar mereka sedikit banyak dipengaruhi dari karakter yang mereka miliki. 

Bangun Suasana Menyenangkan

Cara belajar di rumah selanjutnya yaitu sebaiknya orang tua membangun suasana yang menyenangkan. Suasana belajar ini juga mempengaruhi tingkat keseriusan belajar mereka. Suasana menyenangkan saat belajar dapat anda ciptakan dengan menentukan konsisi ruang belajar yang tepat. 

Usahakan anak memiliki ruang belajar sendiri. Tingkat konsentrasi mereka akan bertambah bila berada pada ruang belajar yang seharusnya. 

Menjadi Teman Belajar yang baik

Jangan batasi hubungan anda dengan anak sebagaimana hubungan guru dengan siswa. Bagaimanapun juga anda perlu menjadi teman belajar yang baik bagi anak anak. Ketika mereka menganggap anda sebagai temannya, mereka akan merasa nyaman tanpa ada yang membatasi. 

Menemani dengan Cara Kreatif

Sebuah cara belajar di rumah juga sebaiknya anda lakukan secara kreatif. Membangun mood anak secara kreatif dapat menghilangkan tingkat kebosanan anak terhadap apa yang sedang mereka lakukan. Tingkat kebosanan di sekolah akan meredam dengan sendirinya ketika mereka menemukan cara belajar di rumah dengan kreatif. 

Memberi Pujian

Hal yang tidak boleh anda lupakan, bahwa memberi pujian akan meningkatkan semangat anak saat belajar. Tak terlebih ketika mereka tengah menyelesaikan sebuah soal permasalahan yang telah tersaji di buku mereka. Pujian ini lebih baik bila anda ucapkan dalam batas kewajaran. Sehingga mereka tidak sampai untuk bersikap sombong. 

Memberikan Contoh

Sebuah contoh akan lebih bermakna daripada anda hanya mengajar tanpa adanya contoh. Belajar secara langsung memberikan pengalaman belajar pada anak melalui apa yang ia lihat, dan juga apa yang ia lakukan. 

Sebagai umpama kecil, anda menginginkan anak menyelesaikan soal matematika tentang bangun ruang. Maka setidaknya anda sebagai orang tua memberikan contoh untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan bangun ruang terlebih dahulu. Dari sinilah mereka akan belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. 

Uraian di atas dapat menjadi refrensi bagi para orang tua untuk menciptakan suasana kondusif saat belajar. Cara belajar di rumah nantinya akan memberi dampak yang bagus saat anak belajar di sekolah. Bagaimanapun juga pembiasaan yang baik itulah nantinya akan selalu terbawa dimanapun berada. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Cara Belajar di Rumah Bersama Orang Tua"