Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan PPG Daljab, Berikut Tugas Selama Masa PPG!

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu proses yang nantinya dilewati oleh setiap tenaga pendidik. Masa PPG dalam jabatan ini berlaku bagi guru, terutama untuk guru yang sudah memiliki masa kerja minimal 5 tahun. Namun dapat berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Masa PPG ini memiliki 2 siklus, yaitu Siklus 1 dan Siklus 2. Dalam masa PPG Guru memiliki surat ijin istimewa dari Kepala Sekolah untuk fokus mengikuti kegiatan. Dalam arti tidak perlu melaksanakan kegiatan belajar. Saat ini PPG dalam jabatan berlangsung selama kurang lebih 4 bulan hingga penerbitan sertifikat pendidik. 

Kemudahan masa PPG dalam jabatan pada era kurikulum merdeka ini juga tidak lepas dari keaktifan pada PMM atau Platform Merdeka Mengajar. Semakin guru tersebut aktif, maka akan semakin layak untuk mengikuti PPG dalam jabatan. 

Nah, bagi anda yang akan mengikuti kegiatan PPG dalam jabatan, perlu untuk memahami alur dan juga siklus kegiatan selama PPG. Berikut uraian singkat mengenai PPG dalam jabatan beserta tugas-tugas yang harus diselesaikan. 

Siklus 1


Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 1 terdiri atas sembilan (9) langkah seperti diilustrasikan pada Gambar 1. Alur Pelaksanaan Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Siklus 1.

Siklus 1 dilaksanakan selama  27 hari dari hari ke-1 s.d. 27, dimana  9 langkah pembelajaran dibagi ke dalam tiga MK yaitu :

Pendalaman Materi (hari ke-1 s.d. Hari ke-6), 

Tugas 1 Pendalaman Materi

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (hari ke-7 s.d hari ke-13), 

Tugas 2 Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Uji Komprehensif

Uji komprehensif merupakan penilaian yang dilakukan secara menyeluruh tentang kemampuan Mahasiswa mengidentifikasi masalah, penyebab, penentuan solusi terhadap masalah yang diidentifikasi, serta kemampuan Mahasiswa dalam merancang rencana aksi dan rencana evaluasi. 

Uji komprehensif dilaksanakan melalui pemaparan desain pembelajaran inovatif yang dihasilkan dari mata kuliah pengembangan perangkat pembelajaran dalam bentuk seminar yang dinilai oleh dua orang dosen. Uji komprehensif dilaksanakan pada siklus 1 sebagai syarat mengikuti PPL. Uji komprehensif untuk setiap Mahasiswa dilaksanakan paling lama 50 menit.

Mahasiswa mempelajari perangkat pembelajaran yang dibuat pada tahapan pembuatan rencana aksi dan rencana evaluasi sebagai bahan ujian komprehensif. Selanjutnya Dosen menguji secara lisan dengan cara daring. Penguji komprehensif terdiri dari dua Dosen bidang studi yang sesuai. Materi ujian mencakup: identifikasi masalah; eksplorasi penyebab masalah; penentuan penyebab masalah; eksplorasi penentuan solusi; penentuan solusi; rencana aksi dan rencana evaluasi; materi yang mendukung HOTS; literasi numerasi;

Pengintegrasian antara teknologi informasi dan komunikasi, materi bidang studi, dan pedagogi/Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ke dalam desain pembelajaran inovatif.

Praktik Pengalaman Lapangan 1 (hari ke-14 s.d hari ke-27)

Pada siklus ini, Peserta PPG dalam jabatan dapat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan untuk perangkat pembelajaran/layanan yang telah disusun setelah lulus uji komprehensif dengan nilai paling rendah 70.

Siklus 2

Siklus 2 ini akan dilaksanakan selama 30 hari dari hari ke-28 s.d. hari ke-57. Pada siklus ini terdapat garis besar kegiatan dan tugas yang harus diselesaikan yaitu sebagai berikut:

Pendalaman Materi (hari ke-28 s.d. Hari ke-33), 

Tugas Pendalaman Materi

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (hari ke-34 s.d hari ke-40), 

Tugas Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Praktik Pengalaman Lapangan (hari ke-41 s.d hari ke-57)

Siklus 2 ini akan aktif jika peserta sudah mengirimkan hasil refleksi pembelajaran pada siklus 1. Pada siklus ini, peserta dapat langsung melakukan Praktik Pembelajaran Inovatif setelah mengembangkan perangkat pembelajaran.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Persiapan PPG Daljab, Berikut Tugas Selama Masa PPG!"