Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar PPG Prajabatan dan Manfaatnya Bagi Fresh Graduate S1 Pendidikan


Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan) adalah program pendidikan yang ditujukan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para calon guru yang telah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau tenaga honorer yang telah diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Program ini bertujuan untuk memberikan pembekalan keterampilan pedagogis dan profesional kepada para calon guru agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tuntutan kurikulum dan perkembangan pendidikan.

Poin penting tentang PPG Prajabatan

Peserta

Peserta PPG Prajabatan memiliki beragam latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya, tetapi mereka memiliki keinginan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi mereka dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. 

PPG prajabatan dapat ditempuh oleh mereka yang baru saja lulus S1 pendidikan. Sehingga alur yang mereka tempuh tentunya sejalan dan memperbesar peluang mengikuti tes CPNS setelah lulus nanti. 

Baca Juga : Persiapan penting menghadapi PPG Daljab 2024

Kurikulum

Program PPG Prajabatan biasanya mengikuti kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dan standar keprofesian guru yang berlaku. Kurikulum ini mencakup pembelajaran teori dan praktik yang relevan dengan bidang studi dan tingkat pendidikan yang diajarkan.

Durasi

Durasi waktu Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan) dapat bervariasi tergantung pada kebijakan lembaga penyelenggara dan juga kompleksitas programnya. Namun, secara umum, durasi program PPG Prajabatan biasanya berkisar antara beberapa bulan hingga satu tahun.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi durasi program ini termasuk kurikulum yang diselenggarakan, intensitas kegiatan pembelajaran, serta lamanya waktu yang diperlukan untuk pemantauan dan penilaian terhadap kemajuan peserta.

Pembelajaran

Pembelajaran dalam PPG Prajabatan mencakup beragam metode, termasuk kuliah, diskusi, praktik mengajar di lapangan, serta pemantauan dan penilaian oleh pengajar atau supervisor. Tentunya pembelajaran yang akan ditempuh juga sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan. 

Baca Juga : Tugas-tugas Selama Mengikuti Pendidikan Profesi Guru

Sertifikasi

Setelah menyelesaikan program PPG Prajabatan dengan baik, peserta biasanya akan mendapatkan sertifikasi keahlian sebagai guru yang sesuai dengan bidang studi dan tingkat pendidikan yang diajarkan.

Bagi anda yang saat ini menempuh pendidikan S1, alangkah baiknya jika lanjut dengan mengikuti program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan atau PPG Prajab. Sehingga ketika waktunya tiba anda dapat menggunakan sertifikat hasil PPG prajabatan dengan baik. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Seputar PPG Prajabatan dan Manfaatnya Bagi Fresh Graduate S1 Pendidikan"