Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Belajar Mengajar di MI Mutu Plabuhanrejo saat Pandemi

Kegiatan Belajar Mengajar sebaiknya tidak hanya terfokus pada perkembangan kognitif siswa saja, namun sebaiknya beberapa aspek yang lain juga dapat dikembangkan meskipun guru dan siswa tidak dapat bertemu dengan langsung.
Sebagaimana yang dilakukan oleh Guru MI Mutu Plabuhanrejo Kec. Mantup, para guru di madrasah satu ini mempunyai agenda yang bisa dibilang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek. Diantara kegiatan tersebut adalah :

  •     Para siswa dibiasakan melaksanakan sholat dhuha pada setiap pagi. Yakni pukul 07.00 - 07.15
  •     Para siswa dibiasakan untuk mencuci tangan, sebagaimana instruksi dari dinas kesehatan untuk mencegah penularan c0v1d 19.
  •     Siswa dihimbau agar sarapan gizi seimbang, guna memperkuat daya imun tubuh
  •     Siswa mengikuti instruksi guru, yakni menonton acara TVRI melalui TV atau link https://m.vidio.com/live/6441-tvri pada jam sesuai jadwal yang ditentukan
  •     Guru mengulas kembali, tentang apa yang disampaikan dalam siaran tersebut.
  •     Guru MI Mutu juga menginstruksi siswa agar setiap hari setor hafalan, sebagaimana yang sudah terprogram dalam Rencana Kerja Madrasah. Siswa menyetorkan hafalan melalui video whatsapp dan dikirim melalui grup kelas masing-masing. Kegiatan ini biasanya setelah melakukan sholat dhuhur.
  •     Setelah setor hafalan, siswa diperkenankan untuk istirahat sejenak, kemudian pada jam 14.00 siswa diharapkan mengirim laporan kegiatan yakni kegiatan membantu orang tua di rumah.

Biasanya siswa MI Mutu mengirim kegiatan berupa : Mencuci piring, membantu memasak, menyapu dan mengepel lantai, menjemur padi dan lain sebagainya. Kegiatan membantu orang tua ini diharapkan mampu melatih kecakapan siswa agar dapat berkembang dan diterima di masyarakat.

Pada setiap kegiatan yang dilakukan, siswa mengirim bukti kegiatan melalui foto, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Berikut beberapa foto dari kegiatan siswa MI Mutu Plabuhanrejo


Kegiatan Siswa melaksanakan Sholat Dhuha bersama Orang tua

Siswa Menyapu Rumah
Siswa Membantu Memasak
Siswa membantu mengeringkan padi

Nah, itulah beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa di MI Mutu Plabuhanrejo Kec. Mantup dalam menghadapi c0v1d 19 dan kurang maksimalnya saluran TV serta saluran internet di Desa tersebut. 
Semoga dapat memotivasi kita sebagai orangtua, guru dan siswa.



Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Kegiatan Belajar Mengajar di MI Mutu Plabuhanrejo saat Pandemi"