Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Anak Sukses Berbahasa Inggris dengan Lancar


Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah-sekolah yang nantinya berguna bagi anak sebagai pembendaharaan bahasa asing di otaknya. 

Pada kurikulum SD saat ini, bahasa inggris tidak lagi menjadi pelajaran pokok bahkan muatan lokal. Namun bahasa inggris kini menjadi mata pelajaran ekstra di sekolah. Dimana adanya bahasa inggris bukan menjadi hal yang penting lagi.

Meskipun begitu, pada jenjang SMP anak akan tetap dikenalkan dan diajarkan mata pelajaran bahasa inggris. Akan menjadi hal yang sulit jika anak tidak dibiasakan belajar bahasa inggris sejak di SD. 

Peran orang tua dan guru SD sangat penting saat mengajarkan bahasa inggris. Lalu bagaimana cara agar anak dapat belajar bahasa inggris dengan mudah sejak dini? Mari kita simak bersama-sama!

1. Kenalkan benda-benda sekitar dengan bahasa inggris

Penting sekali bagi anak untuk mengetahui bahasa inggris dari benda-benda yang ada di sekitarnya. Sangat tidak lucu, ketika anak menginjak usia SMP tidak tahu bahasa inggris dari buku, bulpen, tempat tidur, kamar mandi, dan hal sepele lainnya. 

Hal ini terbukti pada anak SMP yang mendapat tugas dari guru bahasa inggrisnya untuk merubah benda-benda di sekitar dari bahasa indonesia dan bahasa inggris. Banyak siswa yang belum mengetahui bahasa inggris dari benda-benda di sekitarnya.

2. Tanamkan bahwa bahasa inggris itu menyenangkan

Ini akan menjadi sangat sulit jika dilakukan pada anak yang pada dasarnya tidak suka dengan bahasa inggris. Kita perlu mengajarkan bahasa inggris sesuai dengan gaya belajar yang diinginkan anak.

Belajar bahasa inggris dapat dilakukan dengan menyenangkan jika menggunakan media media yang disukai anak. Misalnya, ketika kita ingin membahas tentang bahasa inggris dari sayur, maka kita dapat menyuruh anak untuk membawa bekal makanan dari rumah yang mengandung banyak sayur. Kemudian anak dapat maju ke depan dan menyebutkan sayur yang dibawanya dengan bahasa inggris. 

3. Jangan terpaku pada grammar

Anak usia SD tentu akan merasa sangat bosan dan tidak tertarik jika melulu diberi patokan grammer. Anak akan merasa sedih jika kita selaku orang tua dan guru menyalahkan tata bahasa yang ia ucapkan.

Grammar sebenarnya sangat penting, namun pada usia SD sebaiknya jangan terlalu fokus pada grammar tetapi lebih pada pembendaharaan kosa kata bahasa inggris saja. 

4. Terapkan pada kegiatan sehari-hari

Setiap hari usahakan ada aktifitas anak yang disertai bahasa inggris, meskipun itu acak-acakan dan tidak sesuai dengan tata bahasa yang benar. Guru dan orang tua dapat memberi contoh dengan sapaan good morning, how are you, serta kalimat sederhana lainnya.

5. Bernyanyi dengan bahasa inggris

Lagu bahasa inggris tentunya sangat banyak  dan memberi dampak positif jika diajarkan pada anak. Lidah anak anak akan terbiasa dan mudah dalam mengucapkan kata-kata bahasa inggris. 

6. Sering Mengulang

Daya ingat anak akan semakin kuat jika kita sering mengulang-ulang kata yang sebenarnya anak sudah paham. Mengulang kata sangat penting, selain mempertajam daya ingat, anak akan terbiasa untuk berbahasa inggris dengan fasih.


Tidak mudah memperkenalkan bahasa asing kepada anak. Namun seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit anak akan mulai suka dan menguasai bahasa asing. 

Jangan memaksa anak untuk bisa berbahasa inggris, namun cukup biasakan anak untuk berbahasa inggris. Mengajarkan anak bebahasa asing, tentunya tidak boleh melupakan bahasa nasional kita. Jadi, usahakan berjalan dengan seirama, antara bahasa inggris dan bahasa nasional. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tips Agar Anak Sukses Berbahasa Inggris dengan Lancar"