Kenali Bakat dan Minat Anak Sejak Dini, Agar Sukses di Masa Depan!


Tumbuh kembang anak merupakan sebuah perubahan yang seharusnya tidak luput dari pantauan orang tua. Anak yang tumbuh kembangnya terpantau oleh orang tua, tentunya berbeda dengan anak yang dipantau alakadarnya saja. 

Penting bagi orang tua untuk mengetahui tumbuh kembang anak, terutama demi masa depannya. Masa depan anak dipengaruhi oleh bakat dan minat yang dibawa sejak dini. Sudahkah anda mengetahui bakat dan minat anak anda? Jika belum, bagaimana cara mengetahui bakat dan minat anak sejak dini?

Mari kita simak beberapa cara mengetahui bakat dan minat anak sejak dini pada uraian berikut :

1. Melihat Hobi Anak

Usia anak anak tentunya memiliki kebiasaan khusus yang menjadi hobinya. Hobi setiap anak tentunya berbeda-beda. Misalnya anak anak ada yang cenderung suka bermain bola, ada yang suka bermain dokter-dokteran, ada yang suka membaca, semua itu muncul secara alami pada diri anak.

Anda sebagai orang tua, tentunya tidak berhak memaksa anak untuk menentukan hobi yang disukai sesuai dengan selera anda. Karena segala sesuatu yang berawal dari terpaksa, tidak dapat menimbulkan dampak yang baik.

2. Memperkenalkan Anak Berbagai Bidang

Masih berhubungan dengan kemauan anak. Mungkin anda sebagai orang tua tidak bisa memaksa kehendak anak untuk fokus pada bidang yang anda inginkan. Namun sebagai orang tua yang bijaksana, sebaiknya anda memperkenalkan anak berbagai macam bidang yang ada. 

Dengan begitu, anak akan berpikiran terbuka dan dapat mengamati beberapa bidang yang ana kenalkan. Diantara berbagai bidang tersebut, misalnya : seni, olahraga, teknik, bela diri, kesehatan, dan lain sebagainya.

3. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Anak

Anda selaku orang tua tentunya menginginkan agar anak mau mendengarkan nasehat dan arahan anda. Hal tersebut dapat terwujud jika anda memiliki tingkat kedekatan yang paling dekat dengan anak, sehingga dapat berkomunikasi dengan mudah. 

Dengan komunikasi yang mudah, tentunya anak akan membuka hati dan perlahan akan mengutarakan apa yang ia pikirkan, yang ia rasakan, dan yang ia inginkan. Sehingga anda juga lebih mudah dalam mengarahkan bakat dan minat anak. 

4. Mengeksplor Kemampuan Tersembunyi

Setiap anak memiliki bakat, hanya saja selaku orang tua terkadang belum mengetahui secara pasti apa yang dimiliki anak. Bakat yang dimiliki anak terkadang merupakan bakat yang tersembunyi, dimana jarang dia menampakkan bakatnya tersebut.

Eksplor segala kemampuan yang dimiliki anak, jika sudah terlihat maka beri dorongan agar anak lebih percaya diri dengan bakat yang tersembunyi dari dirinya.

5. Biarkan Anak Bersosialisasi

Komunikasi anak pada teman dan lingkungan sangat baik bagi perkembangan jiwa sosialnya. Dengan bersosialisasi, anak secara tidak langsung dapat menceritakan atau mengeluarkan sebuah rasa. Baik itu rasa peduli, rasa penasaran, rasa malu, dan lain sebagainya.

6. Ikutkan dalam Kompetisi

Sebuah kompetisi atau perlombaan dapat menjadi tolak ukur anak atas perkembangan minat dan bakat yang dimiliki. Sebagai orang tua, jangan sekali-kali menuntut anak agar memenangkan kompetisi, namun beri dukungan meski saat itu anak kalah dalam berkompetisi.

Jika dalam sebuah kompetisi, anak kalah dan anda memarahinya, maka yang akan terjadi anak akan mundur secara perlahan dan merasa tidak percaya diri dengan bakat dan minat yang dimiliki.

7. Ajarkan Untuk Bekerja Keras

Jangan pernah membiarkan anak anda berada dalam sebuah ruang malas. Dimana anak ingin mendapatkan sesuatu secara instan. Terlalu memanjakan anak juga tidak baik bagi perkembangannya.

Ajarkan pada anak, bahwa kerja keras itu penting. Tanpa kerja keras, semuanya akan abstrak dan sia-sia. Tanamkan pemikiran tersebut sejak dini pada anak.

8. Komunikasikan dengan gurunya

Guru di sekolah juga memiliki peran penting terhadap perkembangan bakat dan minat anak. Anda selaku orang tua, dapat membangun kerjasama yang baik dengan guru di sekolahnya. 

Anak ketika berada di sekolah terkadang lebih mudah mengekspresikan dirinya daripada ketika berada di rumah. Bagi anda yang memiliki anak dengan tipe karakter seperti ini, makan point ini sangat penting bagi anda.


Peran orang tua, sangat penting bagi perkembangan bakat dan minat anak. Meskipun anda telah pasrah pada guru di sekolah, namun mendidik anak merupakan kewajiban yang tidak bisa anda lepaskan begitu saja selaku orang tua.

Mari kita arahkan anak kita, agar tumbuh kembangnya sesuai dengan bakat dan minatnya. Sehingga lebih mudah bagi anak untuk menentukan jati diri di masa depan. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Kenali Bakat dan Minat Anak Sejak Dini, Agar Sukses di Masa Depan!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel