Cara Agar Siswa Fokus Belajar


Hal yang umum dihadapi oleh guru, terutama guru SD yaitu siswa yang sulit fokus saat kegiatan belajar. Hal ini membuat guru mencari cara untuk membuat kondisi menjadi lebih baik dan siswa dapat fokus.

Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu dengan cara melatih konsentrasi siswa derta mengidentifikasi hal-hal yang membuat tidak fokus dalam kegiatan pembelajaran. 

Siswa pada dasarnya akan menjadi fokus dan perhatian terhadap pelajaran jika kegiatan itu menarik dan dirasa patut untuk diperhatikan. Untuk itu, mari kita simak beberapa langkah agar siswa dapat fokus dalam belajar:

1. Pendekatan Kepada Siswa

Sebaiknya seorang guru tidak bertanya tentang alasan siswa yang tidak bisa fokus pada pelajaran. Namun sebaliknya, bertanyalah pada siswa yakni cara agar ia mau mengerjakan tugas hingga selesai. 

Guru harus mampu mengamati lingkungan kelas, agar dapat menciptakan pembelajaran yang sesuai sehingga siswa dapat fokus dalam belajar.

2. Membagi Siswa Menjadi Kelompok

Terkadang siswa bosan dengan kegiatan belajar secara individu. Cara yang dapat dilakukan untuk melatih fokus siswa yakni dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok. 

Siswa akan merasa memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan padanya, sehingga menjadi fokus selama kegiatan belajar.

3. Menggunakan Media

Sesuai dengan hasil penelitian di kelas, bahwa siswa akan lebih aktif jika suatu pembelajaran yang diikuti menggunakan media. Peran media pembelajaran sangat penting, terutama media yang menggunakan video. Siswa akan lebih fokus dalam belajar.

4. Yakinkan Bahwa Dia Bisa

Pada saat kegiatan belajar tepatnya saat siswa diberi tugas, siswa sering berkata tidak bisa. Disini guru memiliki peran yang sangat penting untuk meyakinkan siswa bahwa dia bisa. Gunakan pandangan yang penuh kasih dan bersifat memotivasi, sehingga siswa merasa nyaman.

5. Gunakan Waktu

Siswa biasanya akan terlalu santai jika diberi tugas tanpa adanya batas waktu. Untuk itu pemberian batas waktu mengerjakan sangat penting, agar siswa menjadi fokus terhadap tugas dan tidak semena-mena.

Setiap guru tentunya memiliki trik sendiri untuk menjadikan siswa fokus saat kegiatan pembelajaran. Terutama bagi guru yang sudah bertahun-tahun mengajar. 

Namun bagi guru yang masih sedikit dalam hal pengalaman mengajar, tentunya akan kebingungan danmencari cara agar siswa tetap fokus dalam kegiatan belajar.

Selain dari 5 cara di atas, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan guru. Lagi-lagi kembali pada kreatifitas guru dalam mengelola kelas. Jadikan siswa sebagai partner yang dapat diajak berkomunikasi, sehingga terjadi pembelajaran yang aktif dan saling melengkapi antara guru dengan siswa. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Cara Agar Siswa Fokus Belajar"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel