Iklan 1

Guru Hebat Selalu Lakukan Ini Untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru


Setiap tahun ajaran baru akan dimulai, semua guru tentunya sudah bersiap menyambut tahun ajaran baru dengan semangat yang baru juga. Tentunya akan menerima suasana yang baru dengan siswa yang baru. Semuanya tentu akan serba baru. hehehe.

Menjadi guru yang lebih baik dari sebelumnya merupakan cita-cita dari semua guru, karena guru kreatif adalah idaman para siswa sehingga harus menyiapkan segala sesuatu di tahun ajaran baru ini dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, maka pembelajaran yang akan berlangsung kedepannya tidak akan maksimal dan monoton. 

Banyak sekali hal yang dapat dilakukan guru sebagai persiapan di tahun ajaran baru, seperti yang dijelaskan dalam paparan berikut :

1. Membuat Rencana Pembelajaran 

Sesuatu yang sudah pokok dan paten yang harus dipersiapkan untuk menyambut ajaran baru yaitu Rencana Pembelajaran. Tujuan dari pembuatan rencana pembelajaran yaitu supaya kegiatan belajar yang akan dilakukan dapat berlangsung dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang sudah dirancang.

2. Menyiapkan Materi Pembelajaran

Persiapan yang dilakukan guru dalam menyambut tahun ajaran baru yang kedua yaitu menyiapkan bahan ajar atau materi pembelajaran. Bahan ajar biasanya berisi tentang materi, latihan soal, dan konsep pembelajaran yang akan diajarkan pada siswa.

Sebaiknya bahan ajar dibuat berupa rangkuman materi setiap sepekan. Hal ini bertujuan agar konsep yang akan diajarkan menjadi lebih jelas dan terarah. Namun bahan ajar juga dapat di sesuaikan dengan jadwal atau sesuai dengan keingan Bapak/Ibu guru. 

3. Merancang Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan salah satu point penting yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan dalam menuju tujuan pembelajaran. Terdapat beragam jenis media pebelajaran, mulai dari alat peraga, benda konkret, LCD proyektor, dan lain sebagainya. 

Media pembelajaran harusnya bersifat memudahkan siswa untuk menerima pembelajaran, sehingga dapat memahami dengan baik apa yang dipelajarinya.

4. Mencari Tahu Beberapa Karakter Siswa

Saat memulai kelas baru dengan siswa yang baru tentunya guru perlu memahami sekilas dari beberapa karakter siswa baru yang akan diajar. Karena dengan mengetahui karakter siswa, guru akan lebih mudah untuk mengondisikan kelas, dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

5. Merancang Kesan Yang Menyenangkan

Pertemuan pertama dengan guru baru menjadi hal tersendiri yang dinanti oleh siswa. Siswa tentunya sudah tidak sabar merasakan belajar bersama guru baru yang akan mengajarnya. Untuk itu, sebagai guru berilah kesan di hari pertama dengan kesan yang menyenangkan.

Itu tadi uraian tentang persiapan yang harus dilakukan guru saat menyambut tahun ajaran baru. Bagaimana, sudah punya gambaran tentang diri yang akan mengajar individu baru? Cobalah untuk melakukan hal-hal di atas. Karena dengan begitu, segala sesuatu yang dikerjakan akan menjadi indah dan menyenangkan. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Guru Hebat Selalu Lakukan Ini Untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel