Tips Agar Anak Suka Menulis Sejak Kecil


Menulis merupakan salah satu tugas yang sangat tidak disukai oleh banyak siswa. Rata-rata siswa sering mengeluh ketika mendapat tugas menulis, selain karena membosankan siswa sering mengeluh karena capek ketika disuruh menulis. 

Di era teknologi yang semakin canggih ini membuat motivasi menulis siswa semakin menurun. Siswa lebih suka mengoperasikan handphone daripada membuka buku untuk menulis. 

Berikut beberapa tips agar siswa suka menulis:

1. Tumbuhkan Minat Baca


Menulis tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan membaca. Bagi anak yang suka membaca biasanya juga suka menulis. Sehingga untuk menumbuhkan minat menulis siswa harus dimulai dari minat bacanya terlebih dahulu. 

Cara menumbuhkan minat baca dapat dilakukan dengan memberi berbagai macam jenis buku yang menarik, entah itu buku tentang hewan, tentang dunia tumbuhan atau buku komik. Minat baca dapat dirangsang sejak awal ketika anak memasuki dunia pendidikan. Karena jika sudah lama anak berada di dunia pendidikan namun tidak diarahkan untuk suka membaca, maka kebiasaan membaca tidak akan melekat pada diri anak. 

2. Biarkan Berimajinasi


Bagaimanapun juga dunia anak tidak dapat dipisahkan dengan imajinasi. Ada saja hal-hal di luar nalar yang dapat dituangkan anak dalam bentuk tulisan dan juga gambar. Biarkan saja mereka berimajinasi tentang superhero, hobi, dan juga cita-cita yang mereka sukai. 

Imajinasi dapat meningkatkan kreatifitas yang dimiliki, meski saat ini tulisan mereka hanya berupa tulisan hasil imajinasi setidaknya langkah awal ini sudah sangat baik untuk membuat siswa suka menulis. 

3. Fasilitasi Kegiatan Menulisnya


Alat tulis yang beragam dan menarik juga dapat meningkatkan minat menulis pada siswa. Kini banyak tersedia di toko alat tulis berbagai macam bentuk dan warna yang disukai oleh siswa. 

Selain alat tulis, fasilitas menulis lainnya seperti mading juga dapat diberikan dan dipajang pada sudut ruangan. Siswa akan merasa bangga jika hasil karya atau tulisannya terpampang dalam mading yang nantinya akan dibaca teman temannya. 

4. Hargai Tulisannya


Bagaimanapun bentuk tulisan yang telah ditulis oleh siswa, jangan sekali-kali mengkritiknya dengan kritik yang bersifat merusak. Tulisan siswa biasanya masih belum tertata dengan penataan yang sesuai kaidah yang benar. Namun terus mendukungnya akan menjadi motivasi tersendiri agar siswa menjadi gemar menulis. 

5. Jangan Tuntut Siswa Untuk Sempurna


Kekurangan dalam tulisan siswa sudah menjadi hal yang wajar. Jangan sesekali menuntut siswa untuk melakukan sesuatu yang sempurna. Karena ketika siswa merasa dituntut untuk melakukan hal yang belum mampu dilakukan, maka siswa akan merasa gagal dan merasa tidak dapat melakukan apa apa. 

6. Padukan Dengan Teknologi


Tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan siswa saat ini tidak dapat dipisahkan dari teknologi khususnya handphone. Namun alangkah baiknya jika handphone yang digunakan anak disalurkan pada hal-hal yang mengembangkan minat baca dan tulisnya. 

Dukungan teknologi sangat penting dan menjadi hal yang dominan. Dengan bantuan teknologi, maka anak akan lebih mudah untuk mengembangkan kreatifitas yang dimilikinya. 

Siswa lahir dengan kemapuan dan kegemaran yang berbeda-beda. Ada yang suka menulis, membaca, menari, berolahraga, melukis, dan kemampuan lainnya. Semua kemampuan tersebut tidak bisa dipaksakan dan disama ratakan. Untuk itu, biarkan siswa menjadi apa yang ia inginkan. Asalkan itu bersifat postif, kenapa tidak?

Beberapa ulasan tentang cara membuat siswa suka menulis dapat dipraktekkan sedini mungkin. Selaku orang tua dan guru, tidak ada salahnya jika memberi yang terbaik untuk anak anak. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Tips Agar Anak Suka Menulis Sejak Kecil"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel