Memaknai KSMO Untuk Perkembangan Intelektual Anak

Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mulai menimbulkan rasa khawatir di kalangan masyarakat. Terutama akses negatif yang muncul dan tidak bisa dinafikkan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar bisa menjawab tantangan tersebut.

Indikator paling tampak dari kondisi di atas adalah semakin besar minat orang tua memasukkan putra-putri ke madrasah. Fakta ini tentunya menjadi tantangan sendiri bagi pengelola madrasah dan harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kemampuannya dalam dunia pendidikan. 

Selain itu, guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan atau dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini maka madrasah dapat semakin, mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.

Kompetisi Sains, Agama, dan Bahasa merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama Jawa Timur sebagai wahana membangun ghirah menuntut ilmu dalam madrasah. 

Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat Jawa Timur ini telah terlaksana pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020. Kompetisi ini diikuti oleh seluruh madrasah di daerah Jawa Timur, mulai dari jenjang MI, MTs, dan juga MA. 

Sebagaimana kompetisi sains pada umumnya, KSMO ini tentunya membuat siswa khususnya siswa MI Muhammadiyah Plabuhanrejo menjadi sangat bersemangat dan juga antusias mengikutinya. Kerjasama yang baik antara Guru, Siswa dan juga Wali siswa membuat MI Mutu siap mengikuti KSMO dengan percaya diri.

Semoga dengan adanya KSMO ini dapat membuat kita selaku orang tua ataupun guru mampu mengarahkan anak didik kita pada pendidikan yang lebih baik lagi. Sampai jumpa di KSMO tahun depan! Keep Spirit, and Fastabiqul Khairat!

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk " Memaknai KSMO Untuk Perkembangan Intelektual Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel