Contoh Soal AKG


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) untuk mengukur sekaligus mengembangkan potensi guru dalam rangka meningkat kualitas.

Menurut Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemdikbud Sumarna Surapranata, guru bisa menggunakan AKG sebagai sarana untuk mengembangkan diri. Pasalnya, AKG mengukur dua dari empat kompetensi guru yakni kompetensi profesional dan pedagogis. Sedangkan kompentensi lainnya, seperti kompetensi sosial dan kepribadian diukur melalui penilaian kinerja guru (PKG). 

Adapun tujuan dari AKG guru bisa mengetahui capaian kompetensi. Kedua, langkah awal guru bisa mengembangkan pelatihan sesuai rapor kompetensi guru, dan kesempatan mengembangkan diri dan prestasi bagi guru. Ketiga, meningkatkan mutu pembelajaran. 

Sementara untuk pengukuran kompetensi non-akademis dilakukan dengan cara menilai kinerja guru yang diukur dengan penilaian keterampilan, kehadiran, dan motivasi.

Selama ini penilaian kinerja guru dilakukan oleh atasan langsung yaitu kepala sekolah atau pengawas sekolah. Namun, model ini cenderung bersifat subjekif, sehingga diperlukan penilaian dari pihak luar untuk mencapai hasil yang lebih objektif. Pihak luar yang dimaksud di antaranya komite sekolah, masyarakat dan para siswa. Tujuannya, untuk mendapat potret guru yang lebih baik.

Berikut beberapa contoh soal yang dapat digunakan sebagai latihan dalam AKG yaitu:

1. Contoh Soal AKG Pedagogik 1

2. Contoh Soal AKG Pedagogik 2

3. Contoh Soal AKG Pedagogik 3

4. Contoh Soal AKG Numerasi 1

5. Contoh Soal AKG Numerasi 2

6. Contoh Soal AKG Literasi

7. Contoh Soal AKG Sains

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal AKG "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel