5 Keuntungan Ketika Membiarkan Anak Bebas Berekspresi

5 Keuntungan Ketika Membiarkan Anak Bebas Berekspresi

Anak memiliki potensi tersendiri yang tersipan dalam dirinya. Potensi yang dimiliki oleh anak dapat berkembang dan juga dapat kerdil, tergantung dari anak tersebut dalam mengembangkan potensinya. 

Sebagai orang tua yang bijaksana, sebaiknya anda memberi kesempatan kepada anak agar mengembangkan potensinya. Hal terpenting yang sebaiknya anda lakukan yaitu tidak membatasi anak dalam mengekspresikan keinginannya. 

Berikut beberapa keuntungan yang terjadi ketika anak bebas berekspresi:

1. Meningkatnya Rasa Percaya Diri

Keuntungan anak bebas berekspresi yang pertama ialah dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Biasanya pada usia anak-anak mereka selalu minder akan potensi yang dimiliki, namun ketika anak sudah terlatih mengekspresikan rasa yang dimiliki maka anak akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi sebagai bekal tampil di depan umum. 

Ketika anak bebas berekspresi anak akan merasa bahwa dirinya mampu dalam melakukan suatu perbuatan yang sudah ia rencanakan sebelumnya. Misalnya ketika anak suka bernyanyi, maka sebaiknya biarkan ia bernyanyi. Jangan sekali-kali melarangnya kecuali pada saat-saat yang dilarang, misalnya ketika sholat berjamaah. 

2. Mengembangkan Kreatifitas

Keuntungan anak bebas berekspresi yang kedua ialah dapat mengembangkan kreatifitas yang ada pada dirinya. Anak yang kreatif sudah pasti membutuhkan imajinasi tinggi, sehingga dapat tersalurkan melalui bakat dan minatnya. 

Kreatifitas pada saat ini merupakan aset yang minim dimiliki oleh anak-anak. Rata-rata memang dalam usia anak-anak suka meniru, namun ketika dewasa mereka akan terbiasa menciptakan ide-ide baru yang dikembangkan lebih baik lagi. 

3. Meningkatkan Kecerdasan

Setiap anak memang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Banyak sekali faktor yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Salah satunya yaitu dengan membiarkan anak bebas berekspresi. Dengan ekspresi yang diluapkan, maka anak akan merasa bahwa ia memiliki sebuah kelebihan. Hal ini akan membuat anak lebih kritis dalam bertindak dan memecahkan masalah secara cerdas. 

4. Memiliki Banyak Pengalaman

Keuntungan anak bebas berekspresi selanjutnya ialah memiliki banyak pengalaman. Tentunya pengalaman yang telah dilalui oleh anak tidak akan mudah dilupakan, karena pengalaman yang diperoleh dengan kebebasan sudah pasti akan terkenang bahkan saat ia beranjak menjadi remaja kemudia dewasa. 

Anak yang banyak pengalaman sudah pasti akan membuatnya tidak mudah menyerah akan beberapa masalah yang ada di depannya. semakin banyak pengalaman yang dilalui oleh anak, maka semakin banyak pula ia sukses di masa depan. 

5. Mudah Diterima Masyarakat dan Lingkungan

Anak bebas berekspresi memiliki lebih banyak kesempatan untuk diterima di masyarakat. Anak tersebut secara tidak langsung akan memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya. Sehingga bisa jadi anak tersebut justru dicari-cari karena memiliki banyak sekali ide bagus dan cemerlang. 

Memberi kebebasan pada anak untuk berekspresi memang sesuatu yang positif, dengan catatan dalam batas kewajaran. Jika anak-anak sudah menyalahgunakan kebebasannya, waktunya bagi anda selaku orang tua untuk terjun menasehati dan mengarahkannya. 

Anak bebas berekspresi pada usia anak sebaiknya diimbangi dengan pola asuh yang baik. Karena bagaimanapun juga, anak akan menjadi generasi penerus anda selaku orang tua yang nantinya dapat membanggakan. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Keuntungan Ketika Membiarkan Anak Bebas Berekspresi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel