Iklan 1

4 Tips Untuk Atasi Anak Kecanduan Youtube

4 Tips Untuk Atasi Anak Kecanduan Youtube

Salah satu hiburan yang saat ini digemari oleh banyak orang terutama anak-anak ialah youtube. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam video yang dapat menjadi hiburan bagi anak-anak. Mereka lebih sering melihat video yang menurutnya menyenangkan, dan mereka juga rela menghabiskan waktunya di depan youtube. Hal inilah yang sering disebut dengan kecanduan youtube.

Kemajuan teknologi memang tidak dapat dihindari sehingga mau tidak mau anak juga akan terkena dampaknya. Mengenalkan teknologi kepada anak termasuk mengenalkan aplikasi youtube sebenarnya dapat dikendalikan oleh orang tua sejak dini, agar tidak menyebabkan kecanduan youtube. 

Agar anak tidak berlebihan dalam menggunakan youtube, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi anak kecanduan youtube:

1. Pantau Jenis Video yang Ditonton

Usia anak-anak memang sebaiknya selalu berada dalam pengawasan orang tua, termasuk ketika menonton youtube. Saat ini memang banyak sekali konten-konten youtube yang bersifat edukatif atau mendidik. Jadi sebaiknya alihkan video yang ditonton anak agar menonton video yang edukatif.

2. Batasi Waktu

Tips mengatasi anak kecanduan youtube yang kedua ialah dengan cara memberi batasan waktu pada anak saat menggunakan gadeget. Pembatasan waktu ini dapat membuat anak disiplin dalam mengatur waktunya. Beri pemahaman bahwa tidak baik menghabiskan waktu untuk menonton youtube terlalu lama, karena ada kewajiban lain yang harus dikerjakan, entah itu belajar, mengaji, atau membantu anda sebagai orang tuanya. 

3. Luangkan Waktu Anda Untuk Menemaninya

Anak memang sangat membutuhkan sosok orang tua yang dapat mengarahkannya menjadi lebih baik. Salah satunya dengan menghabiskan waktu bersama anak. Perlu anda ketahui, bahwa dunia anak adalah dunia bermain dan juga belajar. Menemani anak bermain di dunia nyata akan membuat anak memiliki kualitas waktu yang lebih baik dibandingkan jika dia hanya menonton youtube. 

Anak membutuhkan komunikasi yang baik, yang terjalin antara orang tua dan anak. Dimana komunikasi ini seratus kali lebih bermakna dibandingkan ketika anak menonton youtube. 

4. Pilihkan Video yang Memberi dampak Positif

Video edukatif sangat cocok dan bisa dibilang mampu menjadi suplemen yang dapat melatih kreatifitas dan kecerdasan siswa. Anak usia di bawah 5 tahun akan lebih mudah diarahkan termasuk dalam memilih video yang baik. 

Kecanduan youtube pada anak dapat menjadi hal yang positif jika diarahkan dengan baik dan benar. Banyak sekali pembelajaran menggunakan media online saat ini yang menggunakan youtube sebagai salah satu media penyalurnya. 

Selain dampak negatif anak kecanduan youtube, anda juga harus menyadari akan dampak positif yang diberikan. Dimana ketkika anak sering menonton viedeo edukatif di youtube anak akan cepat dalam menangkap ilmu pengetahuan baru, baik itu ilmu yang dapat melatih kemampuan kognitif maupun afektif anak. 

Kecanduan youtube dapat diartikan secara positif selama tontonan yang dikonsumsi oleh anak juga positif dan tidak berlebihan. Sudah peran anda sebagai orang tua untuk mengarahkan anak agar bijaksana dalam menggunakan gadget. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Untuk Atasi Anak Kecanduan Youtube"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel