Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Verifikasi NISN Sesuai dengan Kartu Keluarga

Data siswa saat ini dituntut untuk singkron, artinya sesuai dengan data pusat, baik data kependudukan atau data akta kelahiran siswa. Beberapa waktu lalu, operator sekolah mendapat tugas tambahan berupa verifikasi siswa melalui NISN. Dimana verifikasi ini sesuai dengan data siswa di dalam catatan kependudukan. 

Verifikasi siswa melalui laman NISN ini sebenarnya merupakan tanggung jawab wali murid pribadi, namun apabila memiliki keterbatasan dapat meminta bantuan kepada Operator Sekolah / OPS. 

Agar tidak terlalu panjang lebar, langsung saja simak beberapa langkah Verifikasi Siswa mandiri berikut ini:

Cara Verifikasi Data Siswa Oleh Wali Murid

1. Buka laman web NISN, maka akan muncul tampilan berikut ini


Isi semua data yang ada pada bagian kosong tersebut. Isi sesuai dengan data yang ada pada dokumen pribadi dan keluarga siswa. Lakukan dengan teliti agar tidak ada yang salah. 

2. Isi data sesuai dengan tampilan selanjutnya seperti contoh berikut ini, kemudian klik cari data


3. Isi data yang berhubungan dengan orang tua dan wali siswa, pada tampilan berikut, kemudian klik validasi


4. Setelah itu anda akan dibawa pada tampilan baru, sebagaimana dalam gambar berikut. 


Apabila data valid, dalam arti centang hijau seperti pada gambar di atas, maka anda dapat mencentang dan klik pengajuan.

5. Perhatikan pemberitahuan yang muncul, seperti gambar berikut ini


Apabila data tersebut ada yang tidak sesuai, anda dapat mengajukan laporan kepada Operator sekolah agar mengajukan pembaruan data melalui menu aplikasi verval pd yang hanya bisa diakses oleh Operator sekolah. 

Validasi dan Pengajuan Ubah Data Oleh Operator Sekolah

1. Login ke aplikasi verval PD

2. Klik menu edit identitas, dan ikuti langkah seperti pada gambar


3. Proses persetujuan

Langkah selanjutnya ialah memilih persetujuan atau penolakan terhadap data yang telah diajukan oleh wali siswa atau yang telah anda wakili sebelumnya. 


baris yang memiliki warna oren berarti data tersebut mengalami sebuah perubahan. Anda dapat menolak data tersebut apabila ada ketidak sesuaian dengan data yang dimiliki siswa pada KK atau akta kelahiran. Terutama jika terdapat perubahan nama. Pastikan semua identitas mengacu pada akta kelahiran siswa dan juga KK. 

Apabila ada data yang tidak sesuai, anda sebagai OPS dapat meninjau ulang dengan menginstruksi wali siswa agar mengurus KK baru sesuai dengan nama yang ada di akta. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Cara Verifikasi NISN Sesuai dengan Kartu Keluarga"