Iklan 1

3 Peran Guru Di Era Digital Yang Harus Diketaui

 


Bagaimana pendapat Anda terkait peran guru di era digital? Apakah semakin meningkat? Atau justru makin minim? Well, jaman digital telah berhasil memposisikan diri sebagai pencipta revolusi baru dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang pendidikan. Dengan semakin pesatnya teknologi, sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa peran guru semakin kecil dan tergeser di jaman digital ini. Ini tentu karena segala sesuatu bisa diakses dengan mudah lewat internet termasuk program pendidikan. Lalu, apakah pendapat tersebut bisa dibenarkan? Sebelum memutuskan, telaah dahulu lebih dalam!

Faktanya, di era yang serba canggih ini justru benar-benar melibatkan peran pahlawan tanpa jasa tersebut. Ya, guru dibutuhkan salah satunya dalam proses pemfilteran informsai yang ditujukan pada para pelajar. Dan menariknya, era ini pun membantu guru untuk menciptakan inovasi baru dalam pengajaran. Ya, guru harus semakin ekstra berperan dan mempelajari segala perkembangan teknologi. Ingat, ada banyak hal yang dulunya belum ada seperti pada era digital ini.

Terkait tugas guru, apa yang harus dilakukan di era ini? berikut adalah peran atau tugas guru demi mewujudkan inovasi baru di era digital:


Peran Guru Di Era Digital Yang Harus Diketaui

Menjelajahi Platform Digital

Sebelum memulai perancangan kegiatan belajar hingga pembagian tugas, langkah pertama yang wajib dilakukan guru yakni menjelajahi segala platform digital. Guru dapat mencoba dan mengamati setiap platform pembelajaran yang sudah disediakan khusus perusahaan yang memang melayani dunia pendidikan. Di Negara kebangaan ini pun tak kekurangan platfor tersebut karena sudah banyak tersedia baik gratis ataupun berbayar seperti Kaizena, Zipgrade, dan lainnya.

Membuat Segala Penugasan Semakin Mudah dan Menarik

Penugasan juga termasuk peran guru di era digital. Platform belajar digital pun memudahkan semua pengajar untuk memberikan tugas ataupun menjadwalkan proses pembelajaran sesua target. Dengan demikian, siswa pun dapat menangkap serta memahami penjelasan materi yang dipaparkan sang guru dengan sangat mudah. Semua siswa juga bisa mengaksesnya dengan cepat dan mudah melalui internet atau segala jenis media sosial yangmana telah dirancang melalui suatu platform. Tentu saja, kedua pihak, baik itu siswa ataupun guru akan sama-sama diuntungkan. Kenapa? Karena guru dan siswa bisa menghemat tenaga juga waktu dalam suatu proses pembelajaran.

Memantau Para Siswa dengan Memanfaatkan Media Online

Dari dulu hingga jaman digital ini, guru tak pernah lepas dari tugasnya untuk memantau seluruh pelajarnya. Ya, guru harus tahu bagaimana perkembangan tiap siswa. Hanya saja, caranya jauh berbeda. Bagaimana contohnya? Dalam pemantuan, guru harus hapal betul dan mencatatnya. Dulu, guru hanya bisa melakukannya dengan satu cara yakni mencatatnya secara manual (tulis tangan) dalam bentuk laporan.

Tapi sekarang, kondisi sudah semakin berkembang. Bukan hanya alat tulis yang dimanfaatkan melainkan aplikasi digital pun ikut andil. Dengan platform digital, kepala sekolah dan guru lain pun bisa ikut dalam proses pemantauan tersebut secara berkala. Kemudian, laporan tersebut akan secara otomatis tersimpan rapi. Guru pun dapat mengaksesnya kembali sesuka hatinya selagi masih dalam jangkauan internet. Tentu saja, cara ini sangat menguntungkan dibanding dengan pencatatan manual. Meski begitu, bukan berarti guru bisa langsung melupakan cara lama tersebut karena sampai kapanpun guru tetap akan membutuhkannya dala kondisi tertentu.

So, dari penjelasan di atas, sudah Anda mendapatkan jawaban dari permasalahan terkait peran guru di era digital? Tentu saja sudah. Kesimpulannya, tidak ada penggeseran peran guru di jaman apapun. Dulu, sekarang, dan nanti, guru tetap berperan penting dalam pendidikan.

 

 

 

 

 

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "3 Peran Guru Di Era Digital Yang Harus Diketaui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel