Iklan 1

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Beserta Panduan Membuatnya

Rpp Literasi dan Numerasi

Berkembangnya berbagai ilmu dalam dunia pendidikan membuat para ahli pendidikan terus mengembangkan kemampuannya dalam meneliti segala bidang yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran. Seperti yang telah diketahui, salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru ialah RPP, yang saat ini dikembangkan dengan model RPP Literasi dan Numerasi. 

Contoh RPP Literasi dan Numerasi akan kita kupas secara tuntas melalui artikel ini. Dimana nantinya anda akan dipandu untuk membuat RPP seperti contoh RPP Literasi dan Numerasi berikut ini. Sebelumnya, anda tentu harus mengetahui beberapa bagian yang ada pada RPP Literasi dan Numerasi agar nantinya dapat membuat RPP literasi dan Numerasi dengan mudah. 

Langkah Pembuatan RPP Literasi dan Numerasi.

1. Beri Identitas

Bagian pokok uang pertama dalam membuat RPP literasi dan numerasi adalah identitas yang dicantumkan pada RPP. Identitas RPP Literasi dan Numerasi sama dengan identitas yang ada pada RPP biasanya. 

2. Tentukan KD 

Poin kedua yang dilakukan untuk membuat RPP literasi dan numerasi ialah mencantumkan KD. Kompetensi Dasar dapat anda cantumkan sesuai dengan yang ada pada buku tema.

3. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Sebagaimana membuat RPP pada umumnya, tujuan pembelajaran pada RPP Literasi dan Numerasi dapat dikembangkan melalui KD yang hendak dicapai. Pembuatan tujuan pembelajaran diharapkan mengandung ABCD. Tahukah anda apa itu istilah ABCD? 

Yang dimaksud ABCD pada tujuan pembelajaran dimana poin A merupakan singkatan dari kata Audience yang dalam hal ini merupakan siswa. Poin B merupakan singkatan dari Behavior yang merupakan perilaku yang diamati. Poin C merupan Condition yang bertarti persyaratan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dan yang terakhir adalah poin D yang merupakan singkatan dari Degree yang merupakan tingkat penampilan siswa yang dapat diterima. 

4. Menuliskan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran pada RPP Literasi dan Numerasi dapat diproyeksikan sebagai kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif untuk terlibat dalam kegiatan belajar. Kegiatan belajar literasi tentunya juga menyelipkan kegiatan membaca sesuai dengan aturan lietarsi pada umumnya. 

Kegiatan pembelajaran pada RPP Literasi dan Numerasi dapat diberikan sesuai dengan contoh RPP yang dibahas dalam Contoh RPP Literasi dan Numerasi yang terlampir. 

5. Mencantumkan Metode Penilaian

Metode penilaian yang anda gunakan harus sesuai dengan lembar kerja peserta didik. 

6. Lampiran 1

Berisi tentang lembar kerja peserta didik (LKPD) sesuai dengan pembelajaran yang akan diukur. 

7. Lampiran 2

Berisi lembar penilaian. 

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Tema

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Satu Mapel

Itu tadi uraian mengenai langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat RPP Literasi dan Numerasi sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Literasi dan Numerasi Beserta Panduan Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel