Iklan 1

14 Peran Guru Dalam Pembelajaran siswa aktif

 


Guru ada pahlawan tanda jasa, itulah istilah yang pantas di berikan kepada sosok seorang guru, mengingat peran seorang guru yang sangat penting, apalah jadinya negeri ini tanpa sorang guru, kesuksesan petinggi-petinggi di negeri ini tidak lepas dari peran seorang guru. Sehingga pada artikel ini kita akan membahas beberapa peran guru.

Pengertian Peran Guru

Apa itu peran guru? Peran guru merupakan semua tindakan yang dilakukan seorang guru dalam mentransfer ilmu dan pengetahuan kepada orang lain atau biasa disebut peserta didik.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Semana (1994)

Guru adalah seorang yang dituntut untuk dapat berperan dalam menunjukkan citra guru yang ideal dalam masyarakat.

Rice dan Bishoprick (1971)

Guru profesional adalah guru yang mampu mengelola dirinya dalam melaksanakan tugas sehari-hari.Adapun pengertian guru profesional lainnya yaitu sebuah proses yang bergerak dari ketidaktahuan menjadi tahu dari ketidakmatangan menjadi matang, dari yang diarahkan oleh orang lain menjadi mengarakan diri sendiri.

J.Sudarminto (1994)

Guru ideal adalah sadar dan tanggap akan perubahan zaman pola tindakan keguruannya yang tidak rutin, guru tersebut dapat maju dalam penguasaaan dasar keilmuannya dan perangkat intrumentalnya misal dari segi berfikir, membaca keilmuan, kecakapan problem solving dst.)

Peran Guru Dalam Pembelajaran

Peran seorang guru sangat identik dengan pembelajaran atau yang berkaitan dengan ajar mengajar selain itu peran guru sangatlah banyak, berikut ini peran guru dalam pembelajaran.

1. Peran Guru Sebagai Pendidik

Menjadi seorang guru pendidikan harus dapat dijadikan panutan pagi peserta didik dan lingkungan disekitarnya, sehingga guru harus memiliki pribadi yang dapat dicontoh bagi peserta didik dan lingkungannya misalnya bertanggung jawab, beribawa, penolong, jujur, lemah lembut dan memiliki kedisiplinan yang tinggi.

2. Guru Sebagai Pengajar

Peran guru sebagai pengajar harus dapat membimbing dalam proses kegiatan proses mengajar, kegiatan mengajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kematangan dan motivasi selain itu peserta didik juga harus merasa nyaman dengan guru pengajar.

3. Guru sebagai pengelola pembelajaran

Guru sebagai pengelola pembelajaran maksudnya guru jugga harus dituntut untuk selalu menambah pengetahuannya dan keterampilan agar pengetahuan dan keterampilan tidak ketinggalan oleh kecanggihan teknologi sekarang.

4. Guru Sebagai Pembimbing

Selain guru sebagai pengajar, guru juga memiliki peran sebagai pembimbing sehingga guru dituntut untuk memberikan bimbingan terhadap peserta didik baik itu berupa bimbingan akademis maupun non akademis misalnya mental dan emosional.

Baca juga: 12+ peluang dan prospekkerja jurusan PGSD

 

5. Guru Sebagai Pelatih

Seorang guru juga memiliki peran sebagai pelatih sehingga guru dituntut untuk mampu melatih peserta didik untuk mengasah kemampun

6. Guru Sebagai Penasehat

Serang guru tidal lepas dalam memberikan nasehat terhadap peserta didiknya baik itu secara intelektual maupun emosional karena peserta didik masih membutuhkan nasehat dari seorang guru untuk mengarahkan peserta didik ke jalan yang benar.

7. Guru Sebagai Inovator

Seorang guru harus sudah memiliki banyak pengalaman di dalam kehidupannya sehingga nantinya dapat memberikan pemahaman yang baru bagi peserta didiknya yang nantinya dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari nya.

8. Guru Sebagai Peneliti

Guru sebagai peneliti maksudnya adalah seorang guru harus mampu melihat dan mencari titik kelemahannya sendiri agar meningkatkan kemampuannya. Selain itu seorang guru harus dapat menemukan solusi dari setiap kendala yang di alami.

9. Guru sebagai anggota masyarakat

Guru sebagai anggota masyarakat dan juga komunikator masyarakat, dimana seorang guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan disegala bidang yang dilakukan, guru juga harus dapat mengembangkan bidang yang dikuasainya, oleh itu guru harus mampu berbaur dengan masyarakat melalui skill yang dimiliki, hal tersebut dapat dilakukan pada kegiatan olahraga, keagamaan dan kepemudaan.

9. Guru sebagai pendorong kreativitas

Guru sebagai kreativitas yang sangat penting dalam pembelajaran dan guru juga dituntut untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan proses yang kreatifitas, dimana kreativitas tersebut yang bersifat universal dan merupakan aspek dari dunia kehidupan di sekitar kita, kreativitas juga ditandai oleh adanya kegiatan yang menciptakan sesuatu sebelumnya tidak ada dan dilakukan oleh seorang atau sekelompok untuk menciptakan sesuatu tersebut.

10. Guru sebagai Emansipator

Guru sebagai emansipator maksuudnya guru tersebut mampu memahami potensi peserta didik, guru juga dapat mengetahui bahwa pengalaman, pengakuan dan dorongan seringkali membebaskan peserta didik.Guru dapat dikatakan emansipator ketika para peserta yang dicampakkan secara moril dan mengalami kesulitan kebangkitan kembali menjadi pribadi yang percaya diri.

11. Guru sebagai Evaluator

Guru sebagai evaluator maksudnya penilaian dari aspek pembelajaran yang paling kompleks, yang melibatkan banyak latar belakang dan hubungan, serta variable lain yang mempunyai makna apabila berhubungan dengan konteks yang hampir mungkin dapat dipisahkan dengan setiap segini penilaian.Teknik tersebut dipilih sebagai penilaian yang harus dilakukan dengan prosedur yang jelas yang meliputi 3 tahap diantaranya persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut.

12. Guru sebagai Kulminator

Guru sebagai kulminator maksudnya dapat mengarahkan proses belajar secara bertahap dari awal hingga akhir, dengan rancangan peserta didik akan melewati tahap kulminasi, dimana dengan tahap tersebut peserta didik dapat mengalami perkembangan dalam pembelajaran. Guru sejatinya merupakan seorang pribadi yang harus serba bisa dan serba tahu, serta dapat mampu mentransferkan kebiasaan dan pengetahuan pada muridnya dengan cara yang sesuai perkembangan potensi anak diidk.

13. Guru sebagai transmitor

Guru sebagai transmitor atau penerus suatu sistem nilai pada peserta didik, hal ini dapat berjalan secara berkesinambungan.

14. Guru sebagai fasilitator

Guru sebagai fasilitator maksudnya guru dapat memfasilitasi pembelajaran agar seluruh peserta didik dapat terlibat, disini lebih fokus pada pengalaman pembelajaran, dimana dihadapi era 4.0 guru lebih dominan berperan penting.

Nah itu tadi beberapa peran guru yang harus anda ketahui, Untuk mendapatkan artikel-artikel tentang pendidikan yang  bermanfaat lainnya silahkan kunjungi penaindo.com, Semoga Bermanfaat.

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "14 Peran Guru Dalam Pembelajaran siswa aktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel