Iklan 1

Suasana Pondok Ramadhan di MIS Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Pondok ramadhan MIS Muhammadiyah 1

Tidak terasa bulan ramadhan kini datang kembali. Berbagai macam upaya dilakukan oleh orang muslim untuk memaksimalkan ibadah di bulan yang suci ini. Tak terkecuali bagi yang berada pada satuan pendidikan, salah satunya tingkat SD/MI. 

Kegiatan pondok ramadhan juga masuk dalam kegiatan tahunan sekolah/madrasah. Sebagai contoh yaitu MIS Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo yang turut serta menjadikan kegiatan pondok ramadhan menjadi kegiatan wajib tiap tahunnya. 

Bulan ini MIS Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo mengadakan kegiatan pondok Ramadhan mulai tanggal 7-9 April 2022. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh kepala Madrasah, yaitu Bpk. Miftahurroziqin,S.Pd.I. Kegiatan pondok ramadhan ini diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas I-VI. Bapak/Ibu guru juga turut serta dalam memberikan materi khusus pondok ramadhan. 

Pengisi materi pada kegiatan pondok ramadhan di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo tidak lain adalah ustadz/ustadzah yang bertugas. Kegiatan pondok ramadhan ini diharapkan mampu meningkatkan karakter siswa dalam bidang spiritual. Tidak hanya itu, tujuan dari adanya kegiatan pondok ramadhan ini juga diharapkan mampu membentuk siswa menjadi generasi rabbani di tengah modernisasi. 

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan selama pondok ramadhan ialah sebagai berikut:

Tahfidz Al-Qur'an

Kegiatan pertama yang dapat dilakukan selama mengisi pondok ramadhan ialah tahfidz al-qur'an. Kegiatan ini sebenarnya menjadi kegiatan mingguan di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo. Namun Tahfidz Al-qur'an juga menjadi salah satu kegiatan wajib selama kegiatan pondok Ramadhan. 

Berawal dari pentingnya memperkuat daya ingat anak terhadap hafalan yang sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan dengan rutin selama pondok ramadhan. Ingatan siswa akan ayat suci Al-Qur'an yang sudah dihafal alangkah baiknya jika terus di asah, terutama di bulan ramdhan. 

Tadarus Al-Qur'an

Sebagaimana mengisi kegiatan pondok ramadhan pada umumnya, MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo juga mengadakan kegiatan tadarus Al- Qur'an. Kegiatan membaca Al-qur'an ini tidak hanya membaca arabnya saja, melainkan juga membaca makna dari ayat yang telah dibaca. 

Diharapkan siswa mampu memahami akan apa yang telah dibaca, bukan hanya sebatas membaca al-qur'an. Tidak hanya disimak oleh anak anak lainnya, kegiatan tadarus Al-qur'an ini juga didampingi oleh ustad/ustadzah yang bertugas, sehingga meminimalisir apabila ada kesalahan saat membaca. 

Materi Agama

Pemberian materi agama ini tentunya disasarkan pada siswa. Dimana siswa sebelumnya telah dibagi sesuai dengan tingkat kelasnya, yaitu kelas tinggi dan kelas rendah. 

Materi yang diberikan pada kegiatan pondok ramadhan ialah materi tentang sholat, menutup aurat, fiqih, dan lain sebagainya. Materi ini disampaikan oleh ustad/ustadzah yang bertugas. 

Game Islami

Sebagai madrasah yang memiliki pola pikir ke depan tentunya tidak ingin jika kegiatan pondok ramadhan berlalu datar-datar saja. Para ustad/ustadzah muda juga memberikan materi yang mampu menyegarkan suasana. Salah satunya dengan memberikan game islami. Sebenarnya game ini juga sederhana sebagaimana game pada umumnya. Namun dikemas dengan suasana islami. 

Keseruan selama pondok ramadhan di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo ini telah memiliki puncak yang berkesan. Dimana terdapat kegiatan Malam Bina Iman Taqwa (MABIT) dengan bermalam di madrasah bagi siswa kelas 3,4,5 dan 6. Penghargaan bagi siswa yang hafidz juga diberikan sebagai sebuah wujud kebanggaan atas prestasi yang dicapai. Ini madrasahku, bagaimana madrasahmu? MI Mutu Bisa! Madrasah Hebat Bermartabat!

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Suasana Pondok Ramadhan di MIS Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel