Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kegiatan Sebelum Mengakhiri Pembelajaran di Kelas


Kegiatan pembelajaran di kelas tentunya terbagi menjadi 3 garis besar, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan juga tentunya kegiatan penutup. Bagian-bagian inilah yang juga masuk dalam RPP atau saat ini lebih akrab disebut sebagai modul ajar di kurikulum merdeka. 

Kegiatan membuka kelas tentunya masih banyak yang berhasil, artinya anak anak masih memiliki energi yang penuh dan juga dapat fokus. Apabila kegiatan membuka pelajaran dapat dengan heboh dan menyenangkan untuk dilakukan, bagaimana dengan kegiatan penutup?

Apa yang Bapak/Ibu guru lakukan sebelum mengakhiri pembelajaran di kelas? Merupakan sebuah pertanyaan yang perlu untuk menjadi renungan. Mengakhiri sebuah proses pembelajaran agar terkesan menyenangkan merupakan tugas setiap guru. 

Agar memberi kesan yang bermakna, anda dapat menggunakan 5 kegiatan berikut untuk mengakhiri pembelajaran di kelas. 

5 Kegiatan Sebelum Mengakhiri Pembelajaran di Kelas

Evaluasi

Kegiatan yang dapat anda lakukan sebelum mengakhiri pembelajaran ialah evaluasi. Tentunya kegiatan ini akan meriview apa yang sudah anda dan siswa pelajari selama satu hari. Evaluasi juga merupakan kegiatan mengulas balik materi, baik melalui latihan soal atau secara lisan guru tanyakan langsung kepada siswa. 

Kegiatan evaluasi sebenarnya cocok untuk siswa di semua jenjang, namun biasanya anak usia kelas 1 SD susah untuk fokus di jam akan pulang. Jadi, bagi anda yang mengajar anak usia kelas rendah sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan kegiatan ini di akhir pelajaran. 

Kuis

Selanjutnya yaitu kegiatan yang seru, kuis. Kegiatan ini cocok untuk semua jenjang juga. Bahkan disarankan untuk kelas bawah. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya kuis merupakan sebuah pertanyaan yang ditanyakan secara cepat untuk dijawab secara cepat juga. 

Memberi kuis juga nantinya akan mempertajam daya ingat siswa. Kuis ini dapat diberikan berupa jenis soal apapun, baik jenis soal pengetahuan umum, maupun matematika dengan dasar menghitung. 

Ketika anda memberikan kuis di akhir pelajaran, anda juga dapat membuat kesepakatan terlebih dahulu mengenai reward yang siswa dapatkan apabila menjawab dengan benar. Misalkan, siswa yang menjawab dengan cepat dan benar akan pulang lebih awal atau berupa tambahan nilai. Sungguh sangat menyenangkan bukan?

Ice Breaking

Sebuah kegiatan yang dapat siswa lakukan secara bersama-sama, apalagi kalau bukan ice breaking. Kegiatan ini dapat anda lakukan dengan membakar semangat anak anak. Entah itu dengan yel-yel kelas, dengan berbagai jenis tepuk, atau beberapa games ringan yang melatih konsentrasi anak. 

Meskipun ice breaking dapat anda berikan di tengah kegiatan belajar yang hampir menjenuhkan bagi anak anak, namun tidak ada salahnya bila ice breaking anda berikan sebelum mengakhiri pelajaran. 

Bernyanyi

Kegiatan bernyanyi merupakan kegiatan untuk meluapkan isi hati melalui lagu. Melalui bernyanyi anak anak juga dapat meluapkan semua yang dia rasakan melalui teriakan, nada, dan juga intonasi yang membuatnya gembira. 

Kegiatan bernyanyi sebelum mengakhiri pembelajaran di kelas ini juga diharapkan mampu membuat kelas menjadi hidup kembali. Guru dapat memberikan judul lagu secara acak, sehingga siswa merasa itu adalah sebuah tantangan sebelum kembali pulang. 

Renungan Diri

Selanjutnya yang dapat anda lakukan sebagai seorang guru ialah dengan membuat semacam renungan diri. Kegiatan ini dapat anda lakukan dengan meminta siswa membuat tulisan singkat mengenai apa saja hari ini yang membuat senang, dan juga apa saja hari ini yang membuat mereka sedih. 

Tulisan tersebut nantinya akan dikumpulkan pada anda, sebagai bahan evaluasi mengajar. Sehingga untuk hari berikutnya anda bisa menerapkan strategi mengajar yang sesuai dengan suara hati anak anak. 

Uraian di atas merupakan refrensi bagi anda sebagai guru untuk memanajemen kelas. Terutama saat akna mengakhiri pembelajaran di kelas selama sehari penuh. Anda juga dapat menggunakan cara lain yang menurut anda memang recomended dan juga dapat membuat kelas menjadi kondusif. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "5 Kegiatan Sebelum Mengakhiri Pembelajaran di Kelas"