Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Toleransi dalam Keberagaman di Indonesia

 


Adakah di antara sahabat  kalian yang berbeda suku ataupun ras ?Jika kalian menemukan sahabat yang berbeda  bisa mengenal keberagaman dan ajaran baru.

Kita tau bahwa indonesia merupakan negara yang beraneka ragam budaya . Dari sabang hingga merauke banyak budaya yang berbeda. Indonesi memiliki semboyan yakni bhineka tunggal ika yang artinya berbeda beda tetap satu jua.

Akan tetapi saat ini negara indonesia terjadi krisis toleransi diman hal ini bisa mengakibatkan perpecahan. Sementara itu harapannya perbedaan ini akan menjadikan indonesia bersatu, karena keberagaman di indonesia merupakan bagian dari warna yang dinilai indah.

Untuk itu sebagai warga negara indonesia yang baik maka pentingnya menjaga perstuan dan kesatuan, sekalipun indonesia terdapat keberagaman adat budaya, harusnya toleransi tetap terjaga, keberagamn ini akan menjadikan indonesia lebih kaya akan budaya.

Jangan sampai terjadi indonesia bermasalah dengan adanya keberagaman menjadi pecah belah, karena ada sebuah prinsip bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.


Bentuk dari keberagaman yang ada di Indonesia


Kita tahu bahwa indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber alam dan budaya, ada banyak keberagaman di indonesia diantaranya adalah suku, agama, ras dan juga golongan, namun hal ini tidak menjadikan indonesia terpecah belah namun justru keberagaman ini menjadikan indonesia sebagai negara yang kaya akan perbedaan.


Keberagaman Suku

Indonesia berdasarkan letak geografisnya yang berbeda beda indonesia merupakan negara kepulauan, Nah indonesia memiliki banyak suku yakni yang diartikan kelompok atau golongan yang memiliki satu keturunan dan dalam suku bangsa ditandai dengan persamaan budaya, bahasa , bahkan agama yang dimana mereka secara biologis memiliki ciri tersendiri.

Dalam suku bangsa mempunyai ciri dan karekter tersenciri baik aspek sosial, budaya, bahkan warna kulit . Nah perlu kita ketahui bahwa indonesia memiliki 300 kelompok suku dan 1340 suku bangsa.

Sekalipun ada keberagaman suku yang ada di indonesia, namun indonesia adalah negara yang bersatu tidak memandang perbedaan suku ini.


Keberagaman agama.

Dalam kacamata dunia indonesia merupakan negara yang religus, sebagian besar penduduknya beraga islam. Namun indonesia terdiri dari macam macam agama yang di anut warga negaranya yakni, islam, kresten, katolik, hindu dan budha serta konghucu.. Keberadaan negara indonesia adalah negara yang agamis tertuang pada sila pertama pancasilan yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa dan sudah dijamin pada pasal 29 UUD 1945 yang menyatakan bahwa kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing masing dan beribadat menurut agamanya serta juga kepercayaannya.

Sekalipun agama di indonesia ada 6 namun indonesia hidup berdampingan rukun dan saling menghormati satu sama lain, bertoleransi dengan teman yang agamanya berbeda.

Keberagaman agama ini bukan menjadi alasan untuk terus berdebat menyalahkan agama orang lain yang di anggap beda, tidak seperti tu, karena keberagaman agama yang ada di indonesia sudah tertata dengan baik.


Keberagaman Ras

Ras adalah klasifikasi yang merupakan ciri dari asal usul geografis. Yang menjadikan adanya keberagaman ras di indonesia adalah faktor dimana bangsa asing yang pernah datang ke indonesia sebagai pedagang. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyebaran ras di indonesia dan juga karena kondisi geografis.

Nah kali ini akan kita bahas beberapa ras yang ada di indonesia , yakni ras malayan mongoloid adalah ras yang terdapat di jawa, bali,sumatra , NTB , kalimantan dan sulawesi . Ras ini mendiami Papuan , NTT, Maluku dimana ras ini tersebar di berbagai wilayah yang ada di indonesia.

adapun ciri dari ras ini adalah sebagian besar penduduknya adalah orang tionghoa , jepang dan juga korea , ada yang datang ke indonesia terakhir adalah ras kaukasoid yakni orang orang yang datang dari negeri india, timur tengah dan juga eropa serta amerika.


Keberagaman Golongan

Keberagaman golongan adalah keberagaman yang terjadi karena secara vertikal dan horisontal yang ada di masyarakat. Dimana vertikal saat lapisan wilayah cukup terjadi perbedaan secara sosial, contoh pendidikan jabatan dan sebagainya. Sementara itu yang horizontal adalah angota golongan yang sepadan. Dalam hal ini terkadang ada golongan yang menjasmen golongannya sendiri yang paling benar .Contohnya adalah terdapat dalam agama dan juga adat istiadat.

Seseorang ada yang beranggapan bahwa agamanya paling benar, atau adat budayanyalah yang benar. Padahal tidak boleh seperti itu, setidaknya keberagaman ini mengharuskan kita untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain.


Harus menjaga toleransi beragama

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, hal ini akan membuat indonesia bisa rentah terpecah belah karena perbedaan. Perpecahan itu juga bisa dipicu dari konflik yang dapat merugikan masyarakat yang lain.Oleh sebab itu maka perlu adanya toleransi dan saling menghormati.

Nah teman teman di atas adalah penjelasan tentang keberagaman di indonesia 








Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Pentingnya Toleransi dalam Keberagaman di Indonesia"