Iklan 1

Kelebihan Metode Montessori di Dunia Pendidikan


Metode Montessori merupakan metode yang membuat anak menggali segala potensi dalam dirinya. Metode ini menekanka pada keaktifan siswa saat proses pembelajaran. Guru hanya berperan sebagai penyedia informasi dan membimbing siswa saat belajar, sehingga siswa berperan aktif dalam mengembangkan informasi tersebut.

Berikut prinsip metode montessori yang dapat kita pahami bersama :

1. Menekankan proses belajar eksperiensial

Disini siswa akan terjun secara langsung dalam pembelajaran, mempraktekkan apa yang dipelajarinya. Misalnya ketika mempelajari bagian-bagian tumbuhan siswa diajak langsung ke halaman sekolah untuk melihat langsung dan menyebutkan nama bagian-bagian tumbuhan itu.

2. Peran Guru sebagai Moderator

Pada metode montessori guru berperan sebagai pemandu ketika siswa sedang menggali informasi. Guru memberi alat peraga pada setiap pembelajaran, baik itu secara langsung, maupun berupa gambar.
Siswa lebih ditekankan untuk berpikir secara nyata, bukannya abstrak yang hanya mengira-ngira saja.

3. Dekorasi kelas

Lingkungan kelas yang menarik dan penuh warna menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Dekorasi kelas yang unik serta penuh dengan media pembelajaran mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Siswa juga akan lebih mudah mengeksplorasi banyak hal dari lingkungan sekitar. Segala macam perlengkapan belajar ditaruh dalam rak atau tempat khusus, sehingga siswa terlatih tanggung jawabnya untuk mengembalikan sesuatu pada tempatnya. 

4. Penekanan pada Peace Education

Merupakan metode bagi siswa agar mengatasi segala masalah yang timbul dengan sikap yang tenang tanpa emosi yang berlebih. Disini siswa juga belajar sikap toleransi dan saling menghormati antar teman. 

5. Bimbingan dari guru secara langsung

Pada metode montessori guru membimbing siswa dengan cara one-on-one lesson. Yakni menyesuaikan pembelajaran dengan karakter dan kondisi masing-masing siswa. Sehingga siswa akan merasa terperhatikan saat guru sedang membimbingnya. 

Berdasarkan prinsip di atas, metode montessori dapat diterapkan pada 5 bidang utama berikut ini :

1. Kemampuan Berbahasa

Kemampuan berbahasa sangat penting bagi siswa terutama ketika mereka berkomunikasi dengan teman atau guru serta lingkungan. Kemampuan berbahasa siswa dapat dilatih dengan memberi tugas bercerita di depan kelas dengan tema yang berbeda.

2. Matematika

Menerapkan pembelajaran matematika pada metode montessori dapat diaplikasikan melalui kegiatan pembelajaran yakni dengan menyelipkan permainan-permaian yang berhubungan dengan angka, mengetahui ukuran besar dan kecil, dan lain sebagainya.

3. Budaya

Penanaman karakter menjadi point utama pada pembelajaran montessori. Terutama sikap sopan santun, tata krama, toleransi, dan karakter unggul lainnya. 
Banyak program sekolah yang dapat dijalankan melalui metode montessori, misalnya, program UKS, Pramuka, dan kegiatan yang melibatkan siswa aktif lainnya.

4. Sensorik

Kemampuan sensor yang dimiliki siswa berbeda-beda. Siswa laki-laki cenderung aktif pada sensor kasar yang dimiliki. Dalam metode montessori siswa laki-laki maupun perempuan akan diperkenalkan dengan media yang dapat melatih indra sensorik, misalnya media pasir, manik-manik, kacang-kacangan, serta media yang berupa butiran lainnya. 

5. Kehidupan Sehari-hari

Segala yang tela siswa lakukan di sekolah menggunakan metode montessori akan diaplikasikan anak di rumah, terutama di lingkungan keluarga. Anak akan menjadi lebih mandiri ketika di rumah karena merasa bahwa di sekolah dia telah belajar banyak hal yang perlu diaplikasikan di rumah.

Contoh hasil metode montessori yang dapat diaplikasikan di rumah, yakni mandiri dalam mengembalikan barang yang telah diambil pada tempatnya, mencintai lingkungan dengan menyiram tanaman, membuang sampah pada tempatnya, dan menghormati orang tua. 


Dari ulasan di atas, terbukti bahwa metode montessori memberi dampak yang positif bagi siswa dan cocok diterapkan pada jenjang PAUD, TK, dan SD. Karena pada usia-usia tersebut siswa masih belajar tentang pengenalan lingkungan, belum sepenuhnya fokus pada konsep yang mendetail. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Metode Montessori di Dunia Pendidikan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel