Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghadapi Siswa Cengeng


Hampir di setiap sekolah khususnya tingkat SD terdapat siswa yang memiliki karakter sering menangis tanpa hal yang jelas atau cengeng. Anak yang cengeng sebaiknya tidak perlu disikapi dengan emosi yangberlebih. Sebagai seorang guru atau orang tua harus dapat menyikapi karakter seperti ini dengan bijak. 

Berikut beberapa tips mengatasi anak yang cengeng :

1. Hadapi dengan tenang

Sebagai guru dan orang tua yang baik di sekolah, tentunya sering dipanggil anak anak ketika teman sekelasnya menangis. Misalnya, "Pak, Dion mengangis di kelas, karena jatuh di lapangan." Anak yang cengeng tentunya tidak perlu dihadapi dengan sikap yang berlebih atau bahkan emosi.
Yang pertama dilakukan yakni tenangkan hingga dia diam dan tidak menangis, kemudian beri solusi atas masalah yang membuatnya menangis. 

2. Tingkatkan Sosialisasi

Siswa yang suka menangis tentunya dapat diakibatkan dari kurangnya dia bergaul dengan temannya. Biasanya anak yang cengeng cenderung menutup diri dan lebih asik dengan dunianya sendiri.
Coba buka pemikiran anak agar mampu mengondisikan diri untuk bersosialisasi dengan temannya di sekolah. 

3. Membantu Mencerdaskan Emosional anak

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang dimiliki untuk mengelola perasaan sendiri dan orang di sekitar. Anak yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, tentunya dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dan tidak. Sehingga jika ada sesuatu yang membuat anak merasa resah, ia dapat mengomunikasikan perasaan tersebut dengan baik, bukan malah menangis.

4.  Ajari Cara Meluapkan Emosi dengan Sehat

Tidak semua anak cengeng memiliki karakter yang sensitif serta pemalu. Sebagai seorang guru kita dapat mengajarkan anak untuk meluapkan emosinya dengan melakukan aktivitas yang dia suka. Misalnya, menggambar, Melukis, Berolahraga, Bermain Sepak bola, dan aktivitas lain yang disukai.
Kegiatan ini secara tidak langsung dapat mengurangi karakter cengeng yang melekat pada diri anak. Sehingga beralih pada hal-hal yang positif. 

5. Hindari kata-kata kasar

Kata-kata kasar yang kita ucapkan pada anak akan menancap dalam memori anak dan ditiru dalam kondisi yang akan datang. Untuk itu coba lebih bijaksana saat berucap agar karakter yang baik dapat tumbuh dengan baik pula dalam diri anak.

Itu tadi beberapa tips mengatasi anak cengeng saat di sekolah. Sebagai guru yang baik tentunya harus dapat bersikap dengan bijak saat menghadapi tipe anak yang cengeng. Merupakan tantangan tersendiri agar guru dapat menguasai anak, sehingga anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter baik. 
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tips Menghadapi Siswa Cengeng"