Manfaat Dan Contoh Dekorasi Kelas Bagi Siswa dan Guru



Ruang kelas yang nyaman sudah pasti membuat penghuninya menjadi betah ketika melakukan kegiatan belajar di dalamnya. Ketika masih TK, mungkin akan terlihat jika dinding kelas penuh dengan hiasan yang berwarna cerah. Warna-warna tersebut dapat mendorong semangat siswa dalam belajar.

Biasanya semakin tinggi jenjang kelas, maka dinding akan dibiarkan kosong tanpa hiasan. Ada yang beranggapan bahwa hiasan pada dinding kelas hanya untuk anak TK, padahal hiasan dinding yang beragam warna dapat memberi efek positif pada perkembangan siswa. 

Berikut manfaat hiasan dinding bagi siswa:


1. Meningkatkan Semangat Belajar


Manfaat hiasan dinding bagi siswa yang pertama yakni menambah semangat belajar. Siswa tidak akan merasa jenuh ketika harus berlama-lama belajar. Hiasan dinding dapat memanjakan mata siswa, sehingga merasa lebih fresh.

2. Siswa Semakin Kreatif


Ketika akan menghias dinding, sebaiknya guru juga melibatkan siswa. Pancing mereka agar memunculkan kreativitas yang dimilikinya. Biasanya kegiatan mendekorasi kelas dilakukan ketika berada di sekolah bersama seluruh siswa. Dengan dikerjakan bersama, maka kegiatan mendekorasi kelas juga cepat selesai. 

Biasanya guru menentukan tema yang akan digunakan sebagai dasar pemikiran. Sehingga siswa akan merasa terarah dan dekorasi yang dihasilkan pun lebih bermaknya. Dekorasi kelas yang digunakan biasanya bertema tidak jauh dari kegiatan belajar yang dilakukan. 

Dekorasi kelas juga dapat disesuaikan dengan tingkatan kelas. Semakin tinggi tingkat kelas, maka dekorasi yang digunakan semakin simpel dan masuk pada materi pembelajaran.

3. Memberi Inspirasi Bagi Kelas Lain


Seperti yang diketahui, bahwa kelas yang satu dengan kelas lainnya memiliki guru dan siswa dengan karakter yang berbeda. Ada guru yang memang kurang kreatif sehingga kurang bisa memaksimalkan ruang kelas yang tersedia. Dengan adanya kelas lain yang didekorasi, maka secara tidak langsung siswa yang berbeda kelas juga akan mengajar gurunya untuk mendekorasi kelas tersebut. 

4. Dijadikan Sebagai Ajang Lomba


Mendekorasi kelas juga dapat dijadikan sebagai ajang lomba antar kelas. Biasanya lomba ini diadakan pasca ujian akhir semester, atau biasa disebut sebagai class meeting. Dengan diadakannya lomba ini, siswa akan lebih semangat dalam mendekorasi kelasnya. 

Dari beberapa manfaat mendekorasi kelas di atas, tentunya akan terasa menyenangkan jika kita semua selaku guru dan siswa turut mendekorasi kelas sesuai dengan tema yang disepakati. 

Kelas yang didekorasi secara tidak langsung akan menjadi istana yang nyaman bagi guru dan siswa. 

Berikut beberapa contoh dekorasi kelas yang dapat dijadikan sebagai inspirasi:

Dekorasi 1
Dekorasi 2

Dekorasi 3
Dekorasi 4


Dekorasi 5

Dekorasi 6

Dekorasi 7

Dekorasi 8

Dekorasi 9
Beberapa dekorasi di atas dapat kita jadikan ispirasi sesuai dengan kesepakatan antara guru dan siswa. Jika keduanya dapat bekerja sama secara maksimal, maka akan tercipta dekorasi kelas yang indah. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Manfaat Dan Contoh Dekorasi Kelas Bagi Siswa dan Guru"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel