Simak Cara Berikut Untuk Atasi Anak Suka Mengeluh

Karakter anak terdiri dari banyak sekali tipe. Ada anak yang lembut, keras, mandiri, cuek, optimis hingga suka mengeluh. Sebenarnya karakter yang dimiliki anak dapat dibentuk sejak dini, yakni sejak masa golden age yang dimiliki. Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh kebiasaan dan juga didikan dari orang sekitar, begitupun juga dengan karakter anak yang sangat dipengaruhi oleh orang-orang di lingkungan sekitar. 

Kali ini kita akan membahas tentang anak yang suka mengeluh. Sebenarnya anak yang suka mengeluh merupakan hal yang wajar dilakukan oleh anak. Ada kalanya anak yang mengeluh biasanya hanya untuk mencari perhatian daro orang di sekitarnya. Meski hal ini tergolong hal yang biasa, namun akan menjadi hal yang tidak baik jika terbawa hingga ke usia dewasa. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut cara yang dapat dilakukan agar anak tidak mudah mengeluh:

1. Ajak Berkomunikasi

Anak yang sering diajak komunikasi atau berinteraksi dapat dikatakan sebagai anak yang beruntung. Sebab secara tidak langsung anak tersebut telah mengembangkan kemampuan yang ada dalam dirinya, salah satunya yaitu kemapuan berbicara. 

Anak biasanya dapat lebih mengeluarkan segala isi hati yang ada dalam pikirannya ketika sering diajak berkomunikasi. Tidak akan ada lagi istilah mengeluh ketika anak mampu berkomunikasi dengan baik. 

2. Arahkan 

Meniru merupakan hal yang selalu dilakukan anak akan apa yang telah ia lihat. Ketika anak merasa diarahkan dengan tindakan yang dilakukan oleh ayah, bunda atau gurunya maka anak tersebut sudah jelas akan menjadi anak yang mandiri. 

Satu kali anak diberi pengarahan, biasanya akan melekat pada ingatan yang dimiliki.

3. Dengarkan Celotehnya

Ayah bunda di rumah sudah pasti selalu mendengar segala keluh kesah yang diungkapkan oleh anak. Hal tersebut sebaiknya tidak diberi respon yang buruk karena jika respon yang kita berikan bersifat negatif, maka anak akan mengingat hal negatif tersebut dan bahkan mempraktekkannya di kemudian hari. 

Mendengar celoteh anak sebaiknya tidak terlalu ditanggapi dengan serius serta tidak pula dengan terlalu santai. Ada saat apa yang dikeluhkan oleh anak penting untuk ditanggapi, sehingga saat itu juga sebaiknya berikan tanggapan yang dapat diterima oleh anak. 

4. Seimbangkan Punishmen dan Reward

Hukuman dan penghargaan memang sesuatu yang sangat bertolak belakang. Namun ada kalanya anak mendapat sebuah punishmen agar mengalami efek jera. Punishmen dapat diberikan pada anak yang suka mengeluh jika dirasa keluhan yang diucapkan terlalu sering dan tidak beranfaat. Namun perhatikan pula keadaan anak apakah sesuai dengan keluhannya atau tidak. 

Ketika anak sudah jarang mengeluh jangan lupa untuk memberinya reward. Karena perubahan sekecil apapun yang dilaukan oleh anak berhak untuk dihargai oleh orang di sekitar termasuk ayah dan bunda.

Anak yang suka mengeluh memang terdengar risih atas keluhan-keluhan yang diucapkan. Namun menyikapi dengan bijak merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh banyak orang tua. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Simak Cara Berikut Untuk Atasi Anak Suka Mengeluh"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel