4 Cara Isi Masa Pramembaca Pada Anak

4 Cara Isi Masa Pramembaca Pada Anak

Masa yang paling melekat pada anak ialah masa-masa bermain. Oleh sebab itu hendaknya kegiatan anak sebelum memasuki usia baca harus dirandang sedemikian rupa agar seperti bermain. Cara yang diberikan hendaknya berdifat menyenangkan, mengasyikkan, dan juga membangkitkan semangat. 

Terdapat 4 cara yang dapat dilakukan agar kegiatan pramembaca seperti bermain, berikut ulasannya:

1. Dorong Anak Untuk suka

Sebagai orang tua tentunya sangat mudah untuk mengetahui hal yang disuka atau tidak. Anda dapat membuat anak menyukai membaca dengan menerapkan kata suka membaca pada anak. Buat anak menjadi jatuh cinta dengan membaca, dengan begitu ia akan tertarik dan mau belajar membaca. 

Cara agar anak suka yaitu dapat memberi stimulus-stimulus yang mendorongnya untuk ingin tahu. Anda dapat memberikan warna-warna yang menarik melalui gambar-gambar huruf. 

2. Biarkan Anak Mengerti

Hal yang paling penting ketika mengajari anak membaca yaitu dengan membuatnya mengerti. Saat anda mengajarkan kata usahakan agar anak paham akan makna dari kata yang anda ajarkan. Karena untuk kedepannya nanti anak akan dituntut untuk memahami, bukan hanya sekedar membaca.  

3. Jangan Bebani Anak

Jadikan rutinitas belajar membaca sebagai hal yang menyenangkan, bukan menjadi sebuah beban. Ketika anak mengenal huruf usahakan anak tetap pada dunianya, yaitu masih dunia bermain. Anda dapat membuat kegiatan belajar dengan desain seperti bermain. 

Ketika anak merasa mendapat sebuah beban, jangankan belajar untuk melihat huruf yang akan diajarkan dia pun tidak akan mau. Pada saat ini usahakan anak untuk memahami sebuah amanah yang harus diselesaikan. 

4. Jangan Terlalu Akademik

Pada usia anak pramembaca sebaiknya kemas kegiatan tersebut bukan seperti dunia sekolah, melainkan menyesuaikan dengan dunia anak. Suasana yang terlalu akademik dapat membuat anak mudah jenuh, bahkan tidak lagi tertarik dengan belajar membaca. 

Kegiatan pramembaca pada anak menjadi salah satu tolak ukur akan minat anak untuk belajar pada usia membaca selanjutnya. Pramembaca memang sebaiknya diisi dengan hal yang mampu mengembangkan kemampuan anak, agar anak mengalami golden age yang maksimal. 


Itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu pramembaca yang dapat dilakukan oleh orang tua di rumah. Agar semakin maksimal dalam memanfaatkan golden age. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Isi Masa Pramembaca Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel