5 Kegiatan yang Dilakukan untuk Mengisi Waktu Liburan Sekolah

5 Kegiatan yang Dilakukan untuk Mengisi Waktu Liburan Sekolah

Libur sekolah merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak. Hari-hari dimana anak-anak terbebas dari tugas sekolah dan kegiatan sekolah lainnya. Hal ini membuat orang tua menjadi semakin bingung untuk menerapkan kegiatan yang sesuai dengan porsi anak. 

Hari libur anak dapat diisi dengan hal-hal yang tentunya dapat membuat anak menjadi berkembang. Karena sungguh disayangkan jika masa tumbuh kembang anak hanya diisi dengan nonton tv, main game, dan juga bermalas-malasan di rumah. 

Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan anak di rumah untuk mengisi hari libur agar semakin berkualitas:

1. Tunjukkan Pekerjaan Rumah

Berbagai pekerjaan rumah dapat bunda tunjukkan kepada anak saat libur sekolah. Sepeti contoh: menyapu dan mengepel lantai, membersihkan jendela, mencuci piring, mencuci baju, dan pekerjaan rumah lainna yang dapat dilakukan anak. 

Ketika anak terlatih membantu pekerjaan anda selaku orang tua di rumah, maka anak juga akan terbiasa melakukan hal tersebut hingga dewasa. Bahkan ketika anak berada dalam lingkungan kerja, atau dimanapun berada maka anak akan terbiasa mandiri. 

2. Menggambar

Salah satu cara untuk mengisi waktu libur anak yaitu dengan menggambar. Kegiatan menggambar bersama orang tua dapat dilakukan beberapa hari sekali. Tentunya ketika setiap hari pada masa liburan tidak mungkin diisi dengan menggambar sepanjang waktu. 

Untuk itu sebagai orang tua yang bijak anda harus memiliki strategi sendiri agar anak tidak merasa bosan. 

3. Berkebun

Cara selanjutnya yang dapat digunakan orang tua untuk mengisi waktu liburan yang dimiliki oleh anak ialah dengan cara mengajak anak untuk berkebun. Sebuah peluang besar bagi anda yang memiliki ladang atau sawah. Anda dapat mengajak anak anda untuk beredukasi di tempat tersebut. 

Dengan berkebun anak akan semakin dekat dengan alam, dan akhirnya akan menjadi anak yang pemberani dan tidak takut kotor. Anak juga akan memiliki sikap peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar. 

4. Masak Bersama

Memasak selain dapat mengisi liburan juga dapat membuat anak lebih terampil dan membuat hari-harinya serasa bermakna. Memasak juga dapat melatih motorik anak dalam melakukan kegiatan dan juga langkah-langkah yang dilakukan. 

Kegiatan memasak yang anda lakukan bersama dengan anak dapat dilakukan dengan menyenangkan jika yang dimasak merupakan menu yang simpel atau makanan ringan. Anda bisa mencari menu makanan yang simpel dari sumber yang ada di internet. Ajak anak berkreasi untuk menentukan hal yang disukai. 

5. Merapikan Kamar

Tempat paling nyaman dibanding tempat manapun adalah kamar. Merupakan tempat mencurahkan lelah dan penat. Namun ketika kamar tidak lagi nyaman ditempati karena berantakan dan kotor, maka anda dapat mengajak anak untuk merapikan kamar tidur.


5 kegiatan yang dapat dilakukan saat libur sekolah di atas akan menjadi menyenangkan jika dilalui bersama keluarga. Liburan memang hal yang paling menyenangkan, merupakan ajang berkumpul dan saling mencurahkan rindu. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Kegiatan yang Dilakukan untuk Mengisi Waktu Liburan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel