5 Kemampuan Anak yang Harus Diasah Oleh Orang Tua

5 kemampuan yang harus diasah oleh orang tua

Anak merupakan buah hati yang memang pada dasarnya tidak dapat dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa pemantauan anda sebagai orang tua. Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh pola asuh yang anda lakukan ketika menjadi orang tua. Sebenarnya tidak ada orang tua yang menginginkan terjadinya masalah pada tumbuh kembang anak, namun terkadang tanpa disadaripolah asuh orang tua dapat membentuk karakter anak yang tidak diinginkan. 

Semua anak sudah pasti akan tumbuh dengan membawa karakter dan kepribadiannya masing-masing. Namun ada beberapa kemampuan yang harus diasah oleh orang tua agar anak tumbuh dengan sempurna. 

Mari simak 5 kemampuan yang harus diasah oleh orang tua berikut ini:

1. Mengontrol Diri

Hal pertama yang harus dikembangkan oleh orang tua kepada anak ialah kemampuan mengontrol diri. Banyak anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan ego yang dimilikinya, biasanya mereka cenderung memaksakan kehendak, merasa memiliki sesuatu, tidak ingin berbagi, dan susah menahan emosi. 

Cara melatih anak agar dapat mengontrol diri sejak dini yaitu dengan membiasakan anak untuk memahami keadaan. Anda harus mndampinginnya ketika anak mengalami masalah, misalnya ketika anak sedang berebut mainan dengan temannya, anda perlu menegur anak dan mengingatkannya untuk berbagi. 

2. Rasa Empati

Hal selanjutnya yang perlu dikembangkan pada diri anak ialah rasa empati. Kemampuan untuk peka yang dimiliki anak perlu diasah dengan cara sederhana, seperti: mendengarkan semua keluh kesah anak, mengutarakan apa yang anda rasakan, dan juga membicarakan hal yang sekiranya mampu membuat anak menjadi peduli. 

Empati tidak hanya mengajarkan untuk memahami perasaan orang, namun juga merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain termasuk teman di sekitarnya. 

3. Bersosialisasi

Sebagaimana yang sudah menjadi sebuah pernyataan umum, bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Mengajarkan anak untuk bersosialisasi dapat membuat anak lebih mudah dalam mendapatkan banyak teman. 

Memiliki jiwa sosial yang baik dapat diasah dengan memberikan anak pengalaman baru bersama dengan teman sebayanya, mengingatkan manfaat dari sikap sosialisasi yang baik, serta dengan cara menunjukkan arti dari bahasa tubuh. 

4. Sadar Diri

Anak yang mengetahui porsi akan dirinya akan lebih baik daripada anak yang ingin selalu merasa menang sendiri. Anak harus paham dimana dia berada dan kedudukannya sebagai apa. Itu menjadi PR tersendiri bagi anda selaku orang tua agar anak dapat memiliki sikap rendah hati. 

5. Tahu Tanggung Jawab

Mendidik anak yang baik tentunya juga menyertakan agar anak mampu memiliki rasa tanggung jawab. Hal ini penting karena di masa yang akan datang tanggung jawab yang dimiliki oleh anak akan menolong anak saat berada dalam situasi yang sulit.

Tanggung jawab juga dapat diartikan sebagai tugas wajib yang harus dikerjakan oleh anak. Tunjukkan hal apa saja yang harus menjadi tanggung jawab anak, sehingga anak akan terbiasa melakukan hal-hal tersebut dengan baik. Anak yang terbiasa bertanggung jawab sejak kecil, maka saat ia beranjak dewasa karakter tanggung jawab selalu ada di pundaknya. 

Itu tadi 5 kemampuan yang harus diasah oleh orang tua agar anak memiliki jiwa yang mulia, yang dapat membanggakan orang tua dan juga semua orang yang ada di sekitarnya. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Kemampuan Anak yang Harus Diasah Oleh Orang Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel