Iklan 1

5 Tips Sebelum Membuat Tugas Siswa

5 Tips Sebelum Membuat Tugas Siswa

Tugas siswa yang anda berikan selaku guru menjadi sebuah acuan yang akan dikerjakan oleh siswa. Berkualitas atau tidaknya tugas yang anda berikan kepada siswa tergantung oleh beberapa faktor, diantaranya: Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, Kesesuaian dengan KI dan KD, Kesesuaian dengan kemampuan siswa dan juga Kemasan dari tugas tersebut. 

Selaku guru tentunya anda ingin bahwa tugas yang anda berikan kepada siswa dapat dikerjakan sendiri oleh siswa tersebut. Terkadang ada guru yang memberi tugas tidak sesuai dengan ketentuan di atas, sehingga sisw sering kesulitan dalam mengerjakan tugas. Jika siswa sudah kesulitan dalam mengerjakan tugas, maka kemungkinan besar tugas tersebut tidak dikerjakan oleh anak sendiri, terkadang orang tua yang justru mengerjakan tugas mereka. 

Agar dapat memberi tugas siswa tepat sasaran, anda perlu memperhatikan beberapa tips membuat tugas yang mampu mengembangkan karakter berikut ini:

1. Hindari Kalimat yang Panjang

Kalimat tugas yang terlalu panjang dapat membuat siswa menjadi bosan untuk membacanya. Jangankan mengerjakan, membaca soal saja anak sudah malas. Mungkin tujuan anda adalah melatih anak membaca, namun anda tidak harus langsung membuat soal dengan bentuk pertanyaan yang panjang. 

Anda dapat melatih anak secara bertahap. Awalnya gunakan kalimat yang singkat, dan setelah terbiasa, anda dapat memberi tugas dengan kalimat yang sedikit lebih panjang. 

2. Sesuaikan Tujuan

Tujuan anda memberi soal pada anak tentunya supaya anak mencapai apa yang anda tuliskan dalam rencana pembelajaran anda. Jika soal sama sekali tidak mengena pada tujuan pembelajaran anda, maka dapat dibilang bahwa alat ukur tersebut tidak valid dan juga tidak mampu mengembangkan karakter anak. 

3. Dapat Dikerjakan Sendiri

Tugas yang anda berikan kepada siswa usahakan dapat dikerjakan secara andiri oleh siswa tersebut. Beri siswa tugas yang menyenangkan yang dapat dipraktekkan sendiri, misalnya tugas mengenai pendapat tentang cuaca hari ini, tugas cara menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya. 

Hindari tugas yang bersifat terlalu sukar dan tidak mudah dimengerti. Karena akan membuat anak semakin malas mengerjakan tugas dengan alasan susah untuk dikerjakan.

4. Beri Tugas yang Sesuai Materi

Memberi siswa tugas agar dapat mengembangkan karakter yang ada pada siswa sebenarnya sangat mudah. Anda dapat memberikan tugas siswa sesuai dengan materi yang telah dipelajarinya. Lebih tepatnya tentang materi yang dapat dicari pada buku siswa atau buku LKS yang dijadikan pegangan. 

5. Beri Tugas Bersifat Penelitian Langsung

Memberi siswa tugas meneliti sebuah kejadian secara langsung akan membuat siswa aktif dalam bereksperimen. Hal ini tentunya dapat merangsang motorik kasar dan juga halus yang dimiliki anak. Tugas siswa meneliti secara langsung juga akan mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang imajinasinya. 

Itu tadi beberapa tips yang dijadikan acuan dalam membuat tugas siswa agar siswa semakin berkembang. Memberi tugas asal-asalan memang sangat mudah, namun akan memberi dampak yang fatal jika tidak sesuai dengan apa yang dituju. 


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Sebelum Membuat Tugas Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel