Iklan 1

Tips Agar Anak Jadi Generasi Cinta Rasul

Tips Agar Anak Jadi Generasi Cinta Rasul

Uswatun hasanah atau tauladan yang baik sudah pasti ada pada diri rasulullah. Sebagai umat islam tentunya menjadikan Rasulullah sebagai panutan hingga akhir zaman. Hal ini sudah jelas dipertegas dalam beberapa ayat yang ada pada al-qur'an. 

Menjadikan anak berakhlaq layaknya akhlaq yang dimiliki rasul membutuhkan pendekatan sejak anak usia dini. Artinya, akhlaq bukan sesuatu yang dapat secara instan melekat pada diri anak. Akhlaq yang dimiliki anak juga tidak akan jauh beda terhadap akhlaq tokoh yang diidolakan anak. Agar anak memiliki akhlaq yang mencerminkan sikap rasul, terlebih anak harus mengidolakan rasulullah sebagai cermin dari akhlaqnya nanti. 

Akhlaq yang baik tidak bisa langsung melekat pada anak, melainkan harus melalui pembiasaan-pembiasaan yang memang bersifat berkelanjutan. 

Berikut tips mengajarkan anak mencintai Rasulullah:

1. Menjadikan Rasulullah sebagai Uswah dalam Segala Aspek

Kiblat akhlaq yang dijadikan pedoman bagi orang islam ialah Rasulullah. Beliau merupakan suri tauladan yang patut diikuti dalam berbagai aspek. Termasuk ketika akan mendidik anak. 

Salah satu cara mengajarkan anak mencintai rasulullah yakni menghadirkan Rasul dalam segala aspek kehidupan anak. Ketika anak mengenal Rasulnya maka anak secara tidak langsung akan mengikuti segala sesuatu yang dilakukan oleh rasul semasa hidupnya. 

2. Sering Bersholawat Kepada Rasulullah

Cara membuat anak mencintai Rasulullah yang kedua ialah dengan mengajaknya sering-sering bersholawat. Karena dengan seringnya bersholawat secara tidak langsung anak akan merasa bahwa rasulullah benar-benar suri tauladan yang baik.

3. Menceritakan Kisah-kisah Rasulullah

Menceritakan kisah-kisah semasa hidup rasulullah dapat menambah kecintaan anak kepada rasul. Anak juga akan mengambil hikmah yang terdapat dalam beberapa kisah rasul. Dimana hikmah ini dapat membuat anak semakin paham akan perjuangan rasul yang dibarengi dengan akhlaq yang baik. 

4. Ceritakan Kemuliaan Rasulullah

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membuat anak mencintai rasulullah ialah dengan menceritakan semua kemuliaan yang ada pada diri rasul. Dimana dengan kemuliaan tersebut rasul menjadi manusia yang memiliki akhlaq paling baik yang dijadikan sebagai contoh.

Kisah kemuliaan rasulullah kini tidak hanya didapat dari cerita ustad saja, namun banyak sekali video edukatif pada sosial media atau youtube yang dapat dijadikan sebagai media penyampaian kepada anak. 

5. Menjalankan Sunnah-sunnah Rasulullah

Sunnah rasulullah kini banyak sekali ditemui dalam segala aspek. Salah satunya berupa pembiasaan-pembiasaan yang bermakna. Sunnah rasul dapat diikuti sesuai dengan kemampuan anak, dan jangan lupa memberi motivasi kepada mereka saat melakukan amalan-amalan sunnah rasul. 

Itu tadi beberapa cara yang anda lakukan agar anak mencintai Rasulullah dan menjadikan Rasulullah sebagai panutan dan cerminan akhlaq. Usahakan agar anak menjadikan rasulullah sebagai tokoh idolanya sejak dini, agar ia juga mampu tumbuh menjadi generasi pecinta rasul. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Anak Jadi Generasi Cinta Rasul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel