Iklan 1

Tips Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Usia di Bawah 3 Tahun

Tips Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Usia di Bawah 3 Tahun

Masa anak anak merupakan masa belajar yang pada dasarnya memang harus diisi dengan berbagai kegiatan positif yang memicu pengetahuannya. Anak pada awalnya akan belajar dari lingkungan diana dia tumbuh. Dia akan mempelajari semua kegiatan seperti ilmu makan, ilmu menyayangi keluarga, ilmu untuk mandi, dan lain sebagainya. 

Masa seperti inilah yang biasanya disebut dengan golden age. Masa golden age ini akan menjadi lebih bermakna jika diimbangi dengan pemberian ilmu pengetahuan yang dapat anda stimulus sendiri. 

Sebagai orang tua anda dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman, sehingga anak tidak akan menyadari bahwa dirinya sedang berada dalam dunia belajar. Untuk lebih lengkapnya mengenai tips membuat anak semangat belajar dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Ciptakan Suasana Nyaman di Rumah

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa sebagai orang tua yang bijaksana, memahami pertumbuhan dan perkembangan anak harus dibarengi dengan kesadaran pentingnya pendidikan sejak dini. Anda sebagai orang tua dapat menciptakan suasana yang nyaman di rumah. 

Anda dapat memberikan gambar-gambar hewan, kertas lipat warna, gambar huruf, dan beberapa media lain yang dapat merangsang semangat belajar anak. 

Kegiatan mendesain rumah ini memang sepertinya sangat sepele, namun anda sangat perlu melakukannya karena akan menghasilkan sebuah pembelajaran yang luar biasa. Anak ketika sering melihat gambar, huruf, atau warna maka anak tersebut akan hafal dengan sendirinya. Anda hanya perlu mengawal dan membenarkan jika ada ucapan anak yang belum tepat. 

2. Kenalkan Lingkungan Sekolah

Bagi anda yang memiliki anak usia di bawah 3 tahun mungkin dapat memulai untuk mengenalkannya pada lingkungan sekolah. Pengenalan lingkungan sekolah tidak harus membawa anak masuk ke dalam sekolah dan melihat isi di dalam kelas, namun anda hanya perlu mengenalkannya saat lewat depan sekolahan dan ketika melihat tetangga atau kakaknya akan berangkat sekolah. 

3. Bacakan Dongeng

Cara membuat anak semangat belajar selanjutnya ialah dengan membacakannya sebuah dongeng atau cerita singkat mengenai kisah yang memiliki banyak hikmah. Cerita atau dongeng yang memiliki amanat yang bermanfaat akan menumbuhkan ide kreatif yang nantinya bermanfaat untuk kedepannya. Imajinasi anak juga akan terasah ketika anak sering dibacakan dongeng atau cerita.

4. Hindari Menakut-nakuti

Semangat belajar pada usia di bawah 3 tahun memang sangat mudah dipengaruhi oleh stimulus yang anda berikan sebagai orang tua. Ketika anda memberikan semangat kepada anak, maka anak tersebut secara tidak langsung akan bersemangat. Namun berbeda jika anda malah menakut-nakuti anak, ia akan merasa enggan untuk mengenal dunia pendidikan ataupun lingkungan sekolah. 

5. Jauhkan Dari Gadget

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menumbuhkan semangat belajar anak usia di bawah 3 tahun ialah dengan menjauhkannya dari gadget. Pada jaman sekarang memang sangat sulit menjauhkan anak anak dari yang namanya gadget. Alat elektronik yang satu ini dapat menjadi racun yang menyebabkan anak menjadi malas belajar. 

Meskipun gadget memiliki banyak manfaat, namun pada usia di bawah 3 tahun sebaiknya anak tidak terlalu mengenal gadget terlalu dalam. Cukup kenalkan ia dengan lingkungan sekitar dan juga bermain bersama teman-temannya. 

6. Ceritakan Masa Depan yang Cerah

Anda dapat memicu semangat belajar anak usia di bawah 3 tahun dengan cara menceritakan masa depan yang akan diraih oleh anak jika mau belajar. Anda juga dapat menyebutkan berbagai profesi yang ada jika anak sudah besar nanti. 

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan semangat belajar anak usia di bawah 3 tahun. Isi masa-masa golden age anak agar ia dapat tumbuh dengan berbagai kelebihan yang ia miliki.  

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Usia di Bawah 3 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel