Iklan 1

4 Metode Pembelajaran Menarik untuk Mempermudah Peserta Didik Belajar

 

Penulis : Alfi Dwi Damayanti,S.Pd

Metode pembelajaran selalu dibutuhkan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Karena dengan adanya metode pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah dalam menerima dan memahami materi pembelajaran. Metode pembelajaran adalah suatu cara yang disusun secara sistematis berupa langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai tujuannya. Dalam suatu pembelajaran pasti setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda.  Sehingga tidak mungkin setiap peserta didik memiliki kemampuan daya serap yang sama. Dengan begitulah, menerapkan metode pembelajaran saat pembelajaran berlangsung akan sangat membantu peserta didik dalam mengoptimalkan pembelajarannya di hari itu.

Mengapa harus ada metode pembelajaran? Ya betul, karena dengan adanya metode pembelajaran yang menarik diharapkan peserta didik dapat mudah dan senang saat belajar. Membuat mereka merasa nyaman dan tidak membosankan. Dalam pendidikan, ketercapaian kompetensi peserta didik menjadi tujuan utamanya. Guru juga diharapkan mendesain pembelajraan sekreatif dan seunik mungkin sehingga tidak membuat peserta didik jenuh, akhirnya ingin pembelajaran segera berakhir. Berikut adalah 4 metode pembelajaran menarik untuk mempermudah peserta didik belajar:

1.      Metode Demonstrasi

Metode menarik yang pertama adalah metode demonstrasi. Mengapa demikian? Karena metode demonstrasi ini merupakan metode yang didalamnya terdapat sebuah kegiatan praktik atau peserta didik secara langsung melakukan sesuatu yang berkaitan dengan materi. Dengan kegiatan praktik secara langsung inilah akan membuat peseta didik menjadi lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari.

2.      Metode Jigsaw

Metode yang kedua adalah metode jigsaw. Metode jigsaw ini peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok. Kemudian salah satu anggota kelompok masing-masing menuju ke kelompok lain untuk menjelaskan materi tersebut. Kemudian setelah itu, setiap kelompok akan memberikan saran atau pertanyaan kepada peserta didik yang berperan sebagai pemateri tersebut. Sehingga dengan begitu peserta didik akan banyak berpikir dan mencari solusi ketika ada sanggahan atau pertanyaan dari anggota kelomook lain tersebut.

3.      Metode Diskusi

Metode pembelajaran yang ketiga adalah diskusi. Metodediskusi ini peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok kemudian guru memberikan sebuah bahan materi untuk didiskusikan oleh setiap kelompok. Bahan materi yang diberikan di setiap  kelompok didesain berbeda-beda, agar setiap kelompok bisa mendiskusikan lebih banyak macam materi pembelajaran.


Baca Juga :  Kelebihan Metode Montessori di dunia Pendidikan


4.      Metode Picture and Picture

Metode pembelajaran yang keempat adalah metode picture and picture. Metode ini merupakan metode yang menggunakan media gambar di dalamnya. Peserta didik ditugaskan untuk mengurutkan gambar yang diletakkan secara acak oleh guru. Peserta didik mengurutkan gambarnya disertai dengan mengemukakan alasannya atau penjelasannya, mengapa diurutkan menjadi seperti itu.

 

Itulah beberapa metode menarik untuk mempermudah peserta didik dalam belajar. Metode pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan. Metode pembelajaran akan mendapatkan hasil yang maksimal jika dilakukan secara perlahan dan berkelanjutan. Dengan adanya penjelasan beberapa metode pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru dalam mengolah kelas menjadi lebih nyaman dan menarik. Sehingga peserta didik menjadi lebih betah. Sebenarnya masih banyak macam metode yang digunakan dalam pembelajaran. Namun penulis hanya merangkum 4 metode saja untuk dapat dijadikan sumber pengetahuan oleh para guru.

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Metode Pembelajaran Menarik untuk Mempermudah Peserta Didik Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel